bdadinfo.com

Update Banjir Lembah Gumanti Solok: BPBD, Damkar dan Warga Berjibaku Bersihkan Material  - News

Update Banjir Lembah Gumanti Solok: BPBD, Damkar dan Warga Berjibaku Bersihkan Material 

SOLOK, - Dampak yang ditimbulkan oleh banjir di Nagari Air Dingin Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok merendam rumah warga dan sarana ibadah Masjid.

Baca Juga: Banjir Surut, Akses Jalan Nasional Bisa Dilalui Kendaraan di Lembah Gumanti Solok

"Saat ini warga, BPBD dan Damkar dan OPD lainnya sedang berupaya untuk membantu membersihkan sarana, fasum dan rumah masyarakat dari lumpur dan material akibat banjir," kata Kalaksa BPBD Solok, Armen pada , Sabtu malam.

Baca Juga: Warga Terdampak Banjir Lembah Gumanti Solok Butuh Air Bersih dan Selimut

Armen menambahkan bahwa selain rumah warga, banjir juga merendam satu unit Masjid Nurul Yakin. Sementara, imbuhnya, untuk bantuan logistik malam ini dan besok akan dikirimkan kelokasi secara bertahap.

Baca Juga: Banjir Terjang Lembah Gumanti Solok, Akses Ruas Jalan Nasional Terganggu

Sementara, akses jalan nasional di Nagari Air Dingin Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat sudah bisa dilalui kendaraan, dari arah Solok Selatan maupun sebaliknya.

Baca Juga: Sungai dan Irigasi Rusak Dihantam Banjir, Kadis SDA-BK Janjikan Penanganan Darurat

Hal itu dikarenakan air sudah mengalami surut setinggi dua meter. Seperti diungkapkan Armen, Sabtu (8/1/2022).

"Alhamdulillah, air mulai surut dan kendaraan sudah bisa melewati ruas jalan nasional di Kecamatan Lembah Gumanti, Solok," tuturnya.

Sebelumnya, pihaknya mengaku akibat banjir warga yang terdmampak membutuhkan pasokan air bersih dan selimut serta sembako.

"Yang sangat dibutuhkan masyarakat adalah air bersih karena sumber air bersih putus serta selimut dan sembako," ujar Armen.

Menurutnya, berdasarkan data sementara bahwa ada 21 rumah yang terendam banjir dengan jumlah 88 orang warga terdampak banjir.

"Sedangkan air bersih untuk membersihkan rumah warga, kami juga sudah hubungi unit Damkar agar bisa memberikan pasokan air," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat