bdadinfo.com

Dominasi Konten Satire Bintang Emon Bikin Warganet Ngeri-ngeri Sedap - News

Bintang Emon

 

News - Bintang Emon jadi trending di Twitter lantaran konten terbarunya yang membahas tentang pemerintahan Jepang mengundurkan diri usai skandal korupsi. Video yang diunggah di Instagram pada Sabtu (8/10/2022) itu lantas ramai dikomentari warganet dan disebut mengandung sarkasme yang menyindir Ketua Umum PSSI.

Bintang Emon atau pemilik nama asli Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra dikenal sebagai konten kreator yang sering membuat video bertajuk komedi. Tak jarang video yang diunggah di Instagram pribadinya itu juga mengangkat isu-isu terkini yang diselingi oleh lelucon namun sebenarnya menyindir pemerintah Indonesia.

Beberapa masyarakat juga merasa ngeri-ngeri sedap karena konten Bintang yang dianggap gterlalu berani. Karena itu, banyak yang menganggap komedi yang diciptakan oleh jebolan Stand UP Comedy 3 itu didominasi konten satire.

Baca Juga: Ini Kata Pertamina Terkait Berita Viral BBM Pertalite Cuma RON 86

Satire adalah suatu gaya bahasa yang digunakan untuk menyatakan sindiran terhadap suatu keadaan atau seseorang secara halus tanpa menyinggung langsung.

Melansir Wikipedia, satire biasanya menjadikan kejahatan, kebodohan, penyalahgunaan, atau kekurangan sebagai bahan ejekan untuk mempermalukan atau mengekspos sesuatu yang dirasa tidak sesuai demi perbaikan.

Meskipun satire dibawakan sebagai humor, tetapi tujuan utamanya sering kali berupa kritik sosial yang membangun dan biasanya ditujukan untuk pemerintah.

Seorang yang melantunkan lelucon bergaya satire disebut memiliki kecerdasan untuk menarik perhatian pada isu-isu terkini di masyarakat. Namun, masih banyak masyarakat yang belum paham perbedaan satire berbeda dengan sarkasme.

Sarkasme adalah kata-kata pedas untuk menyakiti hati orang lain yang biasanya berupa cemoohan atau ejekan kasar.

Sementara, video yang diangkat oleh Bintang Emon tidak mengandung kata-kata kasar yang langsung ditujukan pada subjek atau objek tertentu. Misalnya konten tutorial mundur yang disebut menyindir Ketua Umum PSSI Iwan Bule serta konten pemerintahan Jepang yang langsung mengundurkan diri usai terlibat skandal korupsi tanpa menyalahkan berbagai pihak terlebih dahulu.

Demikian apa itu satire dalam konten-konten Bintang Emon dan perbedaannya dengan sarkasme. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat