bdadinfo.com

Ini Dia 5 Anak Soekarno dan Fatmawati, Selain Megawati Anak Nomor 4 Pernah jadi Kontroversi - News

Potret Presiden Soekarno, istrinya Fatmawati dan kelima anaknya. (Arsip historia.id)

Ir. Soekarno atau Bung Karno merupakan proklamator sekaligus presiden pertama Indonesia pada periode 1945-1966. Semasa hidupnya, dalam catatan sejarah, Soekarno memiliki sembilan istri. Salah satunya yang dikenal masyarakat luas adalah Ibu Fatmawati, penjahit Sang Saka Merah Putih untuk proklamasi.

Fatmawati merupakan istri ketiga Soekarno yang juga merupakan Ibu Negara pertama. Keduanya bertemu saat pembuangan Soekarno di Bengkulu. Mereka pun memutuskan menikah pada 1943 sehingga pernikahan Soekarno dengan Inggit, istri sebelumnya harus berakhir.

Soekarno dan Fatmawati dianugerahi 5 orang anak, yaitu Guntur, Megawati, Rachamawati, Sukmawati, dan Guruh. Untuk mengenal lebih jauh, ini dia profil singkat ke lima anak Soekarno dan istrinya Fatmawati yang dihimpun dari berbagai sumber pada Minggu, 4 Desember 2022.

Baca juga: Bukan Megathrust, Gempa Garut Termasuk dalam Intraslab, Begini Penjelasannya

1. Muhammad Guntur Soekarnoputra

Guntur adalah anak pertama yang lahir di Jakarta 4 November 1944. Ia lahir satu tahun sebelum masa kemerdekaan Indonesia.

Guntur kecil selalu ikut serta bersama orang tuanya dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, bahkan ia pernah menjadi korban penculikan Rengasdengklok.

Di usianya yang ke 65 tahun, Guntur pernah menjabat sebagai anggota dewan komisi X DPR periode 2009-2014. Saat ini, ia menjabat sebagai Wakil Ketua Yayasan Fatmawati dan sebagai Ketua Yayasan Wildan.

2. Megawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri lahir pada 23 Januari 1947 dengan nama lengkap Diah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri. Megawati sapaan akrabnya merupakan salah satu anak Soekarno yang terkenal karena sukses meniti karier di kancah politik, bahkan ia tercatat sebagai Presiden perempuan pertama sepanjang sejarah Indonesia pada periode 2001-2004. Saat itu ia menjadi Presiden yang ke 5 setelah Abdul Rahman Wachid (Gus Dur).

Baca juga: Mengenal Hipertensi, Penyakit yang Diduga Diderita Oleh Kang Rashied Sebelum Meninggal Dunia

Megawati mengawali kariernya di dunia politik dengan menjadi wakil ketua Partai Demokrasi Indonesia (PDI) cabang Jakarta Pusat yang kini bernama PDI Perjuangan. Dua tahun kemudian, ia menjabat sebagai anggota DPR RI. Setelah lengser dari jabatan presiden, Megawati tetap menjabat sebagai Ketua Umum partai PDI Perjuangan hingga saat ini.

3. Rachmawati Soekarnoputri

Racmawati merupakan anak ketiga Presiden Soekarno dan Fatmawati yang lahir di Jakarta, 27 September 1950 dengan nama lengkap Diah Pramana Rachmawati Soekarnoputri. Seperti Guntur dan Megawati, Rachmawati juga aktif di dunia Politik.

Pada pertengahan 1980, Rachmawati menjabat sebagai ketua umum di Yayasan Pendidikan Soekarno. Kemudian, pada 2002, Rahmawati mendirikan Partai Pelopor sebagai langkah awal dirinya terjun ke dunia politik.

Baca juga: Paspampres Tengah Jadi Sorotan, Megawati Malah Puji Sampai Mau Bawa ke Luar Negeri

Pada 2007, ia didapuk sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Bersamaan dengan itu, ia mengundurkan diri dari Partai Pelopor.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat