bdadinfo.com

Simak, Modus Penipuan Baru Calon Korban Diminta Unduh File Seperti Image padahal APK Berbahaya! - News

Ilustrasi: Simak, Modus Penipuan Baru Calon Korban Diminta Unduh File Seperti Image padahal APK Berbahaya! (Pexel Anete lusina)

 - Modus penipuan baru kembali viral di media sosial. Kali ini penipu berpura-pura berasal dari agen ekspedisi dan meminta korban melihat "foto paket" yang dia kirimkan.

Padahal "foto paket" itu merupakan APK berbahaya yang bisa menguras rekening. Beberapa korban mengaku setelah mendownload APK tersebut, tidak lama kemudian muncul notifikasi penarikan uang dari rekening.

Baca Juga: Viral Modus Baru Penipuan Berkedok Kurir Paket, Awalnya Korban Dikirimi File Foto Barang

Baca Juga: Simak, Berikut Aturan Perjalanan Terbaru Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Baca Juga: Sejarah Komputer Alan Turing, LGBT Ahli Komputer Digital yang Hidupnya Berakhir Tragis

"Diduga file yang dikirim oleh pelaku dan diunduh oleh korban tersebut adalah exploit yang berjalan di latar belakang untuk mengambil data korban (seperti aplikasi perbankan yang dibuka oleh korban lalu mengintip user ID dan password), atau istilah dalam dunia hacking disebut SNIFFING," ujar pemilik akun Instagram @evan_neri.tftt dikutip.

Jasa ekspedisi J&T yang namanya dicatut pun mengingatkan kepada konsumen agar agar selalu berhati-hati. 

J&T menegaskan mereka tidak pernah meminta konsumen untuk mendownload aplikasi apapun melalui WA atau aplikasi pesan lainnya.

Begitu pula dengan BRI yang mengingatkan para nasabahnya agar tidak pernah meng-klik link yang mengatasnamakan kurir pengiriman paket. (*) 

 

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat