bdadinfo.com

Viral Modus Baru Penipuan Berkedok Kurir Paket, Awalnya Korban Dikirimi File Foto Barang - News

Modus penipuan berkedok kurir paket (Foto: tangkapan layar postingan evan) (selvi purwandari)

- Di era kemajuan teknologi seperti saat ini, modus penipuan mulai berkembang ke ranah digital.

Banyak terjadi modus penipuan online yang berkembang seperti menang giveaway dan yang baru ini adalah modus berkedok kurir paket.

Modus penipuan baru ini banyak diperbincangkan di sosial media. Modus penipuan tersebut berkedok kurir dari ekspedisi yang ingin mengantarkan paket.

Baca Juga: Apa Benar Hanya Cowok yang Mengalami Mimpi Basah? Ini Fakta Uniknya

Modus penipuan tersebut pertama kali diunggah ke sosial media oleh akun @evan_neri.tftt.

Pada unggahan tersebut menunjukkan tangkapan layar chat Whatsapp yang mengatasnamakan kurir yang akan mengantarkan paket.

Kurir biasa akan mengirimkan foto paket namun yang dikirimkan di chat Whatsapp tersebut terlampir file yang bernama foto paket.

Baca Juga: 6 Rekomendasi HP Canggih Anti Air, Tak Perlu Khawatir saat Kehujanan

File tersebut merupakan file dengan ekstensi APK. Orang yang tidak jeli dan hanya melihat judul file, akan terkecoh dan mengklik file tersebut.

Dalam tulisan unggahannya, korban terlanjur mengunduh file tersebut dan tanpa sadar saldo m-bankingnya pun ludes.

Korban mengaku tidak pernah membuka atau mengisi user id maupun password pada situs lain. Dari unggahannya tersebut, banyak korban dengan modus penipuan yang sama DM ke akunnya.

“Ada korban yang DM saya, setelah klik unduhan aplikasi tersebut tidak terjadi apa-apa. Berselang beberapa jam kemudian muncul notifikasi SMS bahwa ada saldo keluar. Ada Pula yang keesokan harinya baru mengetahui saldonya telah ludes,” ujar unggahan akun milik Evan.

Baca Juga: Status Semeru Naik Jadi Awas, Berikut Penjelasan Tingkatan Status Gunung Api

Diduga file yang dikirim pelaku adalah exploit yang berjalan di latar belakang untuk mengambil data korban seperti aplikasi perbankan yang dibuka oleh korban untuk mengintip user id dan passwordnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat