bdadinfo.com

Deretan Peristiwa yang Terjadi pada 8 Januari, dari Perang Dunia I hingga Perang Pangeran Diponegoro - News

Ilustrasi lukisan Pangeran Diponegoro

 - Selain menjadi hari ke delapan dalam penanggalan kalender Gregorian, apa yang istimewa dari tanggal 8 Januari?

Rakyat Korea Utara rupanya sedang merayakan kelahiran pemimpin mereka, Kim Jongun, hari ini. Tepat pada 40 tahun yang lalu, ia dilahirkan oleh pasangan Kim Jongil dan istrinya, Ko Younghee.

Baca Juga: Deretan Peristiwa Penting yang Terjadi 5 Januari

Ada lagi?

Pada 8 Januari tahun 2021, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengalami kejadian yang kurang menyenangkan, tidak tahu apakah dirinya merasa terhina, tetapi akun Twitternya diblokir secara permanen kala itu, sebelum akhirnya dikembalikan oleh Elon Musk yang menjadi pemilik teranyar media sosial burung biru.

Selain kedua pemimpin tersebut yang menghiasi catatan sejarah pada tanggal 8 Januari, masih ada deretan peristiwa lainnya yang juga terjadi di hari ini.

Baca Juga: Berikut Sederet Peristiwa Penting dan Bersejarah yang Terjadi pada Tanggal 10 Oktober

Berikut ulasan yang coba rangkum:

1.      Woodrow Wilson mengumumkan 14 pasal (fourteen points) pada Perang Dunia I.

Thomas Woodrow Wilson adalah Presiden Amerika Serikat ke-28. Ia menjabat selama dua periode, yakni 4 Maret 1913-4 Maret 1921.

Selama masa kepemimpinannya bersama Wakil Presiden Thomas R. Marshall, Wilson adalah pemimpin yang mengedepankan diplomasi, ia coba menjauhi penggunaan senjata dalam penyelesaian konflik.

Apalagi pada tahun 1914, yang merupakan periode awal dari masa Perang Dunia I, Wilson mencoba untuk memposisikan Amerika Serikat sebagai negara netral dan tidak ikut campur dalam konflik besar Eropa tersebut.

Perang Dunia I, pecah akibat terbunuhnya Putra Mahkota Austro-Hungaria, Archduke Franz Ferdinand dan istrinya, Archduchess Sophie di Sarajevo.

Namun, kenetralan Amerika Serikat hanya bertahan selama tiga tahun. Pada periode April 1917, Jerman yang menjalankan kebijakan perang kapal selam tidak terbatas, mengakibatkan terjadinya penenggelaman empat kapal selam milik Amerika.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat