bdadinfo.com

Demo Besar Argentina, Tolak Israel Main di Piala Dunia U-20 - News

FIFA mencopot status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20

- Demo besar-besaran dan penolakan keras terhadap Israel yang hendak bermain di Piala Dunia U-20 ternyata terjadi juga di Argentina.

Padahal sebelumnya, Indonesia kehilangan kesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 karena menolak kehadiran Israel.

Kini di Argentina, masyarakat Buenos Aires juga menolak keras bermainnya Isreal di Piala Dunia U-20.

Baca Juga: Liga Arab Hasilkan KTT Jeddah Kutuk Pelanggaran Israel ke Palestina, Ini Isinya

Melansir dari JTA, demonstran memenuhi bandara dan hotel untuk berunjuk rasa menolak tim Israel tiba di Argentina pada Senin (15/5/2023).

Demonstran tersebut berkumpul untuk memprotes aksi tak berdasar Israel terhadap Palestina. Mereka pun menuduh Israel telah merampas hak asasi manusia (HAM).

Tak hanya untuk berunjuk rasa, penolakan terhadap timnas Israel itu juga dilakukan sebagai aksi memperingati peristiwa Nakba.

Nakba bermakna 'kehancuran', yang merupakan sebutan warga Palestina terhadap peristiwa eksodus massal yang menimpa setidaknya 750 ribu orang Arab di negara tersebut pada 1948 imbas penetapan kemerdekaan Israel.

Baca Juga: Kebangetan! RS Indonesia di Gaza Hancur Lebur Diserang Rudal dan Bom Israel

Namun di sisi lain, kedatangan timnas Israel di Argentina mendapat sambutan hangat dari sekitar 80 orang yang tergabung dari komunitas Yahudi.

Diketahui, timnas Israel berada satu grup dengan Senegal, Jepang, dan Kolombia. Ini pun menjadi yang pertama kalinya bagi mereka untuk menembus Piala Dunia U-20.

Baca Juga: Timnas Indonesia Bersiap untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 Sebelum Piala Asia 2024., Begini Persiapannya

Sebelumnya, Israel dikeluarkan dari Konferensi Sepak Bola Asia (AFC) karena polemik dengan Palestina pada 1974. Kemudian pada 1994, Israel akhirnya berada di bawah naungan UEFA.

Adapun Piala Dunia U-20 Argentina bakal berlangsung mulai 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat