bdadinfo.com

Lewat Semua! Mega Proyek Jembatan Bulan di Kaltara Ini Bakal Jadi yang Terpanjang di Indoensia - News

Desain Jembatan Bulan Kaltara.  (dok. Dinas PUPR Perkim Kaltara)

- Status jembatan terpanjang di Indonesia saat ini masih dipegang Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya – Madura dengan panjang 5,4 km. Namun, status itu akan segera berubah.

Adalah jembatan Bulungan – Tarakan alias Jembatan Bulan di Kalimantan Utara (Kaltara) yang diproyeksikan bakal jadi jembatan terpanjang di Indonesia.

Dilansir dari laman Diskominfo Kaltara, Rabu, 20 September 2023, Jembatan Bulan Kaltara adalah Mega Proyek dua negara, yakni Indonesia dan China.

Baca Juga: Ikon Unik di Tiap-tiap Ruas Tol Trans Sumatera, Temani Pengendara yang Melintas dengan Suguhan Ciamik 

Perusahaan China bernama China Road and Bridge Corporation (CRBC) dikabarkan bakal menjalankan mega proyek Jembatan Bulan ini.

Manajer Umum CRBC Wei Wen menjelaskan bahwa kerja sama ini telah berlangsung sejak lima atau enam tahun yang lalu.

CRBC juga menyebut, anggaran untuk mengerjakan Mega Proyek Jembatan Bulan Kaltara ini mencapai USD500 juta atau sekitar Rp7,7 triliun.

Baca Juga: Kisi-kisi dan Bocoran Langsung Soal Ujian SKD CPNS 2023 Terbaru Durasi Total 100 Menit

Karena itu, baik Pemprov Kaltara maupun CRBC berniat untuk meminta bantuan dari pemerintah pusat masing-masing negara.

Jembatan Bulan Kaltara ini diperkirakan akan memiliki panjang 29,19 km, hampir empat kali kipat panjang jembatan terpanjang di Indonesia, Suramadu.

Jembatan Bulan Kaltara akan terbentang di lima titik. Titik pertama berada di Kota Tarakan, titik kedua di Pulau Sadau, dan titik ketiga di Pulau Payau.

Baca Juga: Jembatan Klodran Ikonik Tol Solo Saingan Riau: Punya Sruktur dari Kabel yang Keren Banget!

Selanjutnya titik keempat di Desa Liagu, serta titik kelima akan ditempat pada Kecamatan Sekatak, Pulau Agis menuju sungai Ancam, atau Pulau Agis menuju Pentian.

Dari rencana yang ada, jalan pendekat menuju Jembatan Bulan akan melewati kawasan mangrove, seperti di daerah Desa Ardimulyo, Tanjung Palas Utara, Bulungan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat