bdadinfo.com

Bersiap Tambah Macet! Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami Dibangun Mulai Juli 2024, Warganet Kompak Menolak - News

Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami Dibangun Mulai Juli 2024, Warganet Kompak Menolak : Akan Menjadi Lebih Neraka…/Kementerian Keuangan

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memulai pembangunan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Elevated Cikunir-Ulujami pada Juli 2024..

Diajukan oleh konsorsium PT. Marga Metro Nusantara, PT Adhi Karya (Persero) Tbk., dan PT Acset Indonusa Tbk., proyek tersebut akan dibangun berada di atas (elevated) Jalan Tol JORR eksisting yakni tol JORR yang saat ini sudah ada.

Jalan tol layang ini terbentang sepanjang 21,5 km dimulai dari lokasi titik awal di Jatiasih hingga titik akhir di Persimpangan Ulujami dengan kecepatan rencana 80 km/jam.

Baca Juga: Terkuak! Mengenal Prinsip 3M yang Menjadi Rahasia Sukses Produsen Jam Tangan Hublot

Kendati proyek Tol JORR Cikunir-Ulujami bertujuan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di Jakarta, namun pengumuman proyek tersebut pada tanggal 18 Oktober 2023 di laman PUPR mengundang reaksi negatif warganet Jabodetabek.

Salah satu penggiat transportasi di aplikasi X dengan akun @adriansyahyasin menanggapi pelaksanaan proyek ini dengan memberi cuitan dan sebagian foto render rencana proyek Tol JORR Cikunir-Ulujami di beberapa lokasi.

“Koridor JORR TB Simatupang yang sudah seperti neraka itu akan menjadi lebih neraka lagi apabila jalan tol menyeramkan ini dibangun,” ujar Adriansyah Yasin Sulaeman di akun X nya pada 15 Oktober.

Baca Juga: Hore! LRT Jabodetabek Siapkan Diskon untuk Jarak Terjauh, Mulai Hari Ini hanya Rp10 Ribu

Dari 4 foto yang dibagikan Adriansyah tersebut, salah satunya adalah rekayasa lokasi JORR Express Jatiasih Junction terlihat kepadatan desain tol layang Cikunir-Ulujami yang tumpang tindih dengan tol layang lain di bawahnya.

Selain view beton bertumpuk, dalam 3 foto render rekayasa lokasi lainnya seperti foto JORR Express Pondok Pinang, JORR Express Ulujami Function, dan JORR Express Warung Jati memperjelas bagian tampak atas dan tampak samping tol layang ini.

Pondasi dan kolom yang diperlukan tol layang di setiap segmennya terlihat pada gambar render tersebut menyiratkan ruas jalan dan bagian yang akan terdampak untuk pembangunan tol layang Cikunir-Ulujami.

Baca Juga: Inilah Jumlah CASN Kemenag yang Berhasil Lulus Seleksi Administrasi di Tahun 2023 : Apakah Kamu Termasuk?

Warganet lainnya senada menanggapi cuitan Adriansyah seperti tanggapan akun X @maaulana__ bahwa menurutnya render pepohonan yang banyak di sekitar lokasi tol bukan untuk memperindah namun untuk menutupi rumah warga yang berada di sekitar tol.

Ada juga yang menanggapi foto render rencana proyek tersebut yang membuat Jakarta lebih mirip dengan penjara tol disaat negara lain sudah dan berencana membongkar tol.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat