bdadinfo.com

Salut! Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Rekonstruksi Jalan Rusak di Lampung, Telan Biaya Rp800 M - News

Jokowi meninjau pembangunan jalan rusak di Lampung Tengah (setkab.go.id)

Kerusakan pada jalan menunjukkan suatu keadaan dimana struktur dan fungsional jalan yang sudah tidak mampu memberikan pelayanan optimal terhadap lalu lintas.

Kondisi jalan yang rusak selalu menyebabkan kecelakaan dan mengakibatkan jatuh korban atau kerugian harta benda karena terperosok.

Presiden RI Jokowi sedang meninjau secara langsung preservasi rekonstruksi jalan ruas Simpang Randu-Seputih Surabaya yang berada di Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, pada Jumat 27 Oktober 2023.

Baca Juga: Usai Diresmikan Jokowi Pembangunan Jalan Tol Indralaya Prabumulih Minta Dilanjutkan Kembali, Untuk Apa?

Kunjungan kerja Jokowi dalam peninjauan tersebut, Kepala Negara ingin memastikan rekonstruksi jalan daerah yang mengalami kerusakan sudah berjalan tersebut.

“Hari ini saya ingin memastikan bahwa apa yang saya lihat lima bulan yang lalu semuanya sudah berjalan. Dan memang belum selesai 100 persen baru kira-kira 60 sampai 70 persen. Ada yang 70 persen, ada yang 60 persen,” ujar Presiden saat menyampaikan keterangannya usai peninjauan.

Adapun Jokowi menerangkan bahwa rekonstruksi jalan di Provinsi Lampung dengan menggunakan jenis pengerasan beton (rigid pavement) dengan ketebalan 30cm sebagaimana dikutip dari setkab.go.id.

Baca Juga: Gak Sabar! Pembangunan Stasiun Jalur KA Layang Rute Medan-Binjai Sumatera Utara Ditargetkan Rampung 2024

Dengan adanya pengerjaan tersebut adalah kerja sama dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan pemerintah Provinsi Lampung.

“Kalau sekarang ini mulus benar dan yang dipakai adalah rigid 30 senti (meter) saya kira ini akan awet, ndak tahu berapa puluh tahun, awet sekali. Jadi kita harapkan dengan pembangunan seperti ini rakyat tidak mengeluh lagi mengenai jalan yang rusak,” kata Jokowi.

Dalam keterangannya juga Jokowi mengatakan bahwa pemerintah pusat sudah memberikan anggaran sebesar Rp800 miliar kepada pemerintah daerah.

Baca Juga: Merinding! 1 Juta Massa Kerumuni Kantor Kedubes AS Hadiri Aksi Damai Sumpah Pemuda Indonesia untuk Palestina

Setelah anggaran tersebut dimanfaatkan untuk memperbaiki 17 ruas jalan rusak di Provinsi Lampung tersebut.

“Pak Gubernur Lampung ini rajin banget ngejar-ngejar jadi dapatnya banyak, tapi di lapangannya saya kira bagus,” ucap Jokowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat