bdadinfo.com

Serupa Tapi Tak Sama, Jalan Tol IKN Mirip KW Tol Padang-Sicincin di Sumatera Barat: Kok Bisa? - News

Jalan Tol IKN saat dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu, jalan tol ini memiliki kesamaan dengan Jalan Tol Padang-Sicincin di Sumatera Barat (Foto: BPMI Setpres/Vico) (Foto: BPMI Setpres/Vico)

- Ibu Kota Nusantara (IKN) saat ini diketahui tengah melakukan proyek pembangunan dalam skala besar di Pulau Kalimantan.

Sebagai Ibu kota Indonesia di masa depan, tentunya sarana dan prasarana dipersiapkan dengan baik untuk menunjang pemerintahan yang sehat.

Sederet proyek pembangunan seperti sekolah, rumah sakit, kompleks olahraga, hunian pejabat, bandar udara terus didorong pembangunannya oleh pemerintah.

Baca Juga: Tidak Kalah dengan JTTS! Rp4 Triliun Siap Dihabiskan Demi Flyover Mewah Sitinjau Lauik, Dibangun Desember 2023

Tak terkecuali proyek pembangunan jalan tol yang menjadi salah satu akses kunci dalam kemudahan mobilitas di Ibu Kota Nusantara.

Ibu Kota Nusantara saat ini tengah mempersiapkan Jalan Tol IKN sebagai salah satu ruas jalan hubung antar wilayah.

Jalan Tol IKN tersebut ke depannya akan menghubungkan Ibu Kota Nusantara dengan kota Balikpapan yang lokasinya cukup dekat.

saBaca Juga: Sah! Setelah 11 Tahun Tanpa Kejelasan, Akhirnya Jembatan Layang Sitinjau Lauik Mulai Dibangun Akhir Tahun 2023

Jalan Tol IKN ini diproyeksikan sebagai jalan hubung yang akan mempercepat waktu tempuh antara Balikpapan dan Ibu Kota Nusantara.

Saat ini, antara Ibu Kota Negara dan Balikpapan dapat dijangkau melalui kendaraan dalam waktu kurang lebih 2 (jam) 15 menit perjalanan.

Nantinya, melalui Jalan Tol IKN ini kedua kota dapat dijangkau dalam kurun waktu 50 menit saja atau kurang dari 1 (satu) jam.

Baca Juga: Siap Jadi Proyek Termegah di Sumatera Barat, Panjang Flyover Sitinjau Lauik Capai 10 Km: Mulai Desember 2023

Saat ini diketahui, Jalan Tol IKN telah mencapai progres pembangunan 55 persen dan ditargetkan tuntas tahap konstruksinya pada bulan Juni 2024 mendatang.

Menariknya, Jalan Tol IKN ini memiliki banyak kemiripan dari salah satu proyek pembangunan jalan tol di Pulau Sumatera.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat