bdadinfo.com

Tak Gentar dengan Alfamart dan Indomaret, Lawson Jadi Pilihan Masyarakat yang Suka Produk Jepang! - News

Salah satu gerai Lawson.  (dok. matcha-jp.com)

- Jika berbicara soal Minimarket lokal ternama,d iNodnesia tentu nama Indomaret dan Alfamart menjadi top of mind.

Tetapi ada satu Minimarket buatan dari luar Indonesia, yang mampu bersaing dengan Indomaret dan Alfamart juga diniminati masyarakat Indonesia, namanya Lawson.

Lawson merupakan jaringan waralaba Convience store dari Jepang yang saat ini bersaing dengan Indomaret dan Alfamart.

Baca Juga: Lowongan Kerja Bank BCA Untuk Fresh Graduate S1 Semua Jurusan, Lulus Langsung Jadi Karyawan Tetap

Lawson, adalah jaringan toko kelontong terbesar nomor dua di Jepang setelah 7-Eleven. Kantor pusat Lawson berada di East Tower, Gate City Ohsaki di Ōsaki, Shinagawa, Tokyo.

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 5 November 2023, sejarah Lawson dapat dilihat dari logo minimarket tersebut.

Logo perusahaan tersebut berupa kaleng susu. Sebabnya, Lawson berawal dari toko susu yang didirikan pemilik bernama James "J.J. Lawson di negara bagian Ohio, Amerika Serikat pada tahun 1939.

Baca Juga: DPW Relawan PRIDE Kalimantan Tengah Dideklarasikan, Sekjen Hafrizal: Cari Simpatik dengan Cara Baik

Setelah membuka gerai pertama di Okinawa pada bulan Juli 1997, Lawson tercatat sebagai jaringan toko kelontong pertama yang membuka gerainya di 47 prefektur di Jepang.

Pada bulan Mei 2011, Lawson membuka toko ke 10.000 di Jepang, dan hingga Maret tahun 2013, Lawson sudah memiliki 11.174 toko yang tersebar di seluruh wilayah Jepang.

Di Indonesia, Lawson telah menandatangani perjanjian lisensi dengan PT Midi Utama Indonesia, yang merupakan bagian dari Minimarket Alfa Group pada tanggal 20 Juni 2011.

Baca Juga: Beroperasi 2017! Jembatan Tercanggih dan Terunik di Indonesia Ada di Bangka Belitung, Telan Biaya Rp400 Miliar

Midi Utama Indonesia, pemilik merek minimarket Alfamidi dan Alfa Express, juga satu grup dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, pemilik merek minimarket Alfamart.

Gerai pertama Lawson di Indonesia dibuka di Kemang, Jakarta Selatan pada bulan Juli 2011.

Hingga Maret 2013, Lawson telah memiliki 83 toko di Bali, Bandung, Bekasi, Bogor, Depok, Jakarta, Jawa Barat, dan Tangerang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat