bdadinfo.com

BPBD Kesbangpol Padang Panjang Gelar Bimtek Pertanggungjawaban Keuangan Parpol - News

BPBD Kesbangpol Padang Panjang Gelar Bimtek Pertanggungjawaban Keuangan Parpol (IST)

PADANG PANJANG, -- BPBD Kesbangpol gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tertib Administrasi, Pengajuan, Penyaluran dan Pertanggungjawaban Keuangan Tahun Anggaran 2023 bagi Partai Politik di Aula Hotel Rangkayo Basa, Kamis (9/11).

Kepala BPBD Kesbangpol, I Putu Venda, S.STP, M.Si mengatakan, kegiatan ini diikuti 32 peserta yang terdiri empat perwakilan dari delapan partai politik pemenang pemilu yang ada di Kota Padang Panjang.

“Bimtek diselenggarakan dengan tujuan untuk membangun kemandirian parpol dalam pertanggungjawaban administrasi keuangan terkait bantuan keuangan parpol yang diberikan Pemko melalui APBD,” katanya.

Baca Juga: Buka Rakor KDEKS Sumbar 2023, Gubernur: Sumbar Terdepan Menuju Pusat Industri Halal

Venda berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman tentang mekanisme dan prosedur dalam pelaksanaan pemberian serta pertanggungjawaban terhadap bantuan pada parpol.

Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M. Si yang hadir menutup kegiatan tersebut mengatakan, pelaksanaan bimtek ini merupakan upaya pembinaan keuangan yang telah diamanatkan sesuai undang-undang.

“Setiap parpol yang menerima bantuan keuangan berkewajiban menyampaikan laporan pertanggungjawaban penerimaan dan pengeluarannya. Karena sejatinya setiap uang yang bersumber dari APBN atau APBD harus dilaporkan penggunaannya walau satu rupiah pun,” ujarnya.

Baca Juga: Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Metode Substitusi, Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 40-42

Lebih lanjut, Sonny berharap pelaksanaan bimtek ini dapat meningkatkan pemahaman mengenai pengadministrasian dan pembuatan Laporan Pertanggungjawaban Bantuan Keuangan Partai Politik secara akuntabel.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Pj Sekdako, Dr. Winarno, M.E sekaligus narasumber, Kepala Bidang Kesbangpol, Enki Trinanda, S.AB. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat