bdadinfo.com

Bela Keadilan dan Kemanusiaan, Presiden Jokowi Temui Joe Biden usai KTT Luar Biasa OKI - News

Bela Keadilan dan Kemanusiaan, Presiden Jokowi Temui Joe Biden usai KTT Luar Biasa OKI  (https://setkab.go.id/)

- Presiden Jokowi akan langsung bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada 12 November 2023, sehabis menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) bersama Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). 

Dikutip dari laman setkab.go.id Presiden kini sedang berada di Riyadh, Arab Saudi. Dia dijadwalkan menghadiri pertemuan yang membahas situasi terkini di Gaza Palestina yang semakin miris. Presiden Jokowi juga akan mempertegas seruan untuk segera melakukan gencatan senjata, agar bantuan kemanusiaan dapat segera masuk. 

“KTT ini sangat penting artinya sebagai upaya tambahan untuk menghentikan serangan Israel atas bangsa Palestina. Saya akan pertegas seruan agar gencatan senjata dapat segera dilakukan dan bantuan kemanusiaan dapat diperbesar,” jelas Jokowi. 

Baca Juga: Jadi Pusat Pemerintahan IKN, Pembangunan Kantor Presiden Telah Mencapai 52 Persen, Sesuai Rencana Jokowi?

Maksud Pertemuan Jokowi Dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden

Sehabis menghadiri KTT Luar Biasa OKI, Presiden Jokowi akan langsung melakukan penerbangan menuju Washington D.C. Untuk bertemu langsung Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Pertemuannya dengan orang nomor satu di Amerika Serikat tersebut dinilai sebagai kesempatan yang baik, guna menyampaikan hasil KTT OKI bahwa Negara-negara Organisasi Kerjasama Islam seperti Afganistan, Irak, Arab Saudi, dan Indonesia. Untuk selalu bersatu membela keadilan dan kemanusiaan melewati konflik Israel vs Palestina. 

Baca Juga: Jokowi Bangun Tol 1.700 Km vs SBY Bangun Jalan Nasional 145 Ribu Km, Manakah yang Lebih Adil dan Merata?

“Kunjungan ini juga merupakan kesempatan baik untuk langsung menyampaikan hasil KTT OKI di Riyadh yang mencerminkan solidaritas negara-negara OKI untuk membela keadilan dan kemanusiaan,” sebutnya. 

Tidak sampai disitu, sesudah melakukan pertemuan dengan Joe Biden. Presiden Jokowi dijadwalkan untuk berangkat ke San Francisco menghadiri KTT APEC (Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik).

Tujuan Presiden Jokowi menghadiri pertemuan KTT adalah untuk menyampaikan bahwa Indonesia akan membahas beberapa  isu, seperti pembangunan berkelanjutan, pembangunan inklusif, pertemuan bilateral, dan pertemuan bisnis. 

Jadwal Kembalinya Presiden Jokowi ke Tanah Air

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa dia bersama rombongannya akan kembali ke Indonesia pada 17 November 2023, sehabis melakukan pertemuan KTT APEC.

“Saya dan rombongan insyaAllah akan meninggalkan San Francisco 17 November setelah KTT selesai dan kembali ke tanah air,” katanya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat