bdadinfo.com

Apa Saja Brand Produk Pro Israel yang Wajib Diboikot? Pastikan dan Cek di Link Ini - News

MUI Serukan Boikot Produk Israel dan Afiliasinya

- Ajakan memboikot produk-produk terafiliasi dengan zionis Israel semakin gencar. Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun telah mengeluarkan fatwa haram. 

Namun belum banyak masyarakat yang mengetahui dengan jelas produk-produk mana saja yang berasal dari brand pro Israel.

Untuk memastikan produk tersebut terafiliasi dengan Israel atau tidak kamu bisa mengeceknya melalui situs  bdnaash.com, situs ini punya data perusahaan yang terafiliasi dengan Israel dan pro Israel.

Baca Juga: Presiden Jokowi Makin Menggebu-gebu Pembangunan IKN, Demi Dapat Investor Swasta?

Diinformasikan sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI)  secara tegas mengeluarkan Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 yang mengharamkan produk-produk terafiliasi dengan zionis Israel dan menyarankan untuk menggunakan produk lokal Indonesia.

Dr. H. Ikhsan Abdullah, SH., MH selaku Wakil Sekretaris Jendral Bidang Hukum dan HAM dalam press conference yang digelar pada 15 November 2023 menyatakan, gerakan boikot melalui Fatwa MUI ini diharapkan diikuti dengan sungguh-sungguh oleh semua masyarakat Indonesia.

"Ini sebagai bentuk perlawanan agresi militer Israel atas Palestina dan sebagai bentuk gerakan kemanusiaan dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia,” katanya.

Banyak pengguna media social memposting sejumlah produk yang pro terhadap israel seperti Aqua, VIT, Coca Cola, Pepsi, Fanta, Sprite, Nestle, Nescafe, 2 Tang, dll. Bahkan Tagar #TolakDanoneAqua bahkan sempat menjadi trending topik di sosial media X alias Twitter pada Sabtu malam, 11 November 2023.

Meski demikian, sebaiknya pastikan dulu dengan mengecek situs situs  bdnaash.com. Selain menggunakan situs bdnaash, cara lain untuk mengecek produk pro Israel yaitu BDS Movement, sebuah platform yang tersambung dengan warganet seluruh dunia.

Baca Juga: Baru Bisa Hubungkan Lampung dan Sumatera Selatan! JTTS Gagal Tersambung Hingga Aceh, Mentok di Provinsi Ini

Platform ini didukung oleh serikat pekerja, gereja, LSM, dan gerakan yang mewakili jutaan orang di setiap benua dan terdapat kampanye BDS yang dinamis di komunitas-komunitas di seluruh dunia.

Laman BDS mencantumkan berbagai organisasi dan perusahaan yang beroperasi baik dengan Israel maupun di atas tanah Palestina. Bdsmovement.net adalah situs web resmi gerakan.

Untuk mengecek apakah suatu perusahaan atau produk terafiliasi dengan Israel, kamu bisa mengunjungi website bdsmovement.net/get-involved/what-to-boycott . Dalam website ini kamu bisa mengetahui perusahaan mana saja yang terafiliasi dengan Israel.

Selain mengetahui apakah perusahaan atau produk tersebut berafiliasi dengan Israel, kamu juga bisa berpartisipasi dalam global campaign untuk memboikot beberapa perusahaan yang sudah berafiliasi dengan Israel.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat