bdadinfo.com

Jembatan Terpanjang Jadi Ikon Baru Pembangunan Jalan Tol Semarang - Batang, Hubungkan Dua Kabupaten! - News

Pembangunan Jalan Tol Semarang-Batang akan dilengkapi dengan jembatan (pexels.com)

 

- Pembangunan jembatan tol pertama di Jawa Tengah yang diketahui berbeda dari yang lainnya dan sangat unik.

Adapun warga Semarang- Batang membutuhkan jembatan sebagai penghubung dua kabupaten yakni Batang dan Kendal sebagai konektivitas jalur alternatif antar wilayah.

Jembatan ini dibangun oleh pemerintah di kawasan Jawa Tengah serta menjadi Tol pertama yang ada di Semarang-Batang sebagaimana dikutip dari pu.go.id.

Baca Juga: Akibat Sering Memakan Korban Kecelakaan di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Akhirnya Dipasang Teknologi Canggih, Apa Itu?

Jembatan sepanjang 100 meter ini memiliki dua jembatan di sebelahnya dengan ukuran 32,3m masing-masing dan tinggi pelengkung bentang utama lebih dari 30m dengan jarak dari top level aspal ke GC arch.

Walaupun sebelumnya jembatan ini digunakan saat musim mudik lebaran pada tahun 2018 lalu dengan menghubungkan jalur ke arah Semarang, Solo dan Surabaya.

Bahkan, pemudik tidak perlu repot-repot untuk keluar dari jalur Gringsing sehingga dapat menempuh waktu pemudik menjadi lebih efektif.

Baca Juga: Hore! Bank Mandiri Siapkan Kredit Serbaguna Mandiri 'KSM' Hingga Rp1,5 M Promo Hingga 30 November 2023

Pembangunan Jalan Tol Semarang-Batang sepanjang 75 km terdiri menjadi 5 seksi diantaranya Seksi 1 Batang-Tulis sepanjang 3,2 Km, Seksi 2 Tulis-Weleri 36,4 Km, Seksi 3 Weleri-Kendal 11,05 Km, Seksi 4 Kendal-Kaliwungu 13,5 Km dan Seksi 5 Kaliwungu-Krapyak 10,1 Km.

Dengan adanya progres konstruksi keseluruhan Tol Batang-Semarang telah mencapai 88,78 persen rencananya yang akan ditargetkan beroperasi pada bulan Desember 2018 lalu.

Jalan tol yang dibangun oleh PT. Jasamarga Semarang Batang dengan struktur pemegang saham PT. Jasa Marga Persero Tbk sebesar 60 persen dan PT. Waskita Toll Road 40 persen.

Baca Juga: Terjamin! Asuransi Kesehatan dan Rawat Jalan Terbaik Siap Melindungi Keluarga Indonesia, Inilah Kata Selebritis...

Kemudian pembangunan Jalan tol ini telah menelan biaya investasi 11,05 Triliun dirancang dengan kecepatan 100 km per jam dan lajur awal 2x2x3,6 M serta jalur akhir 2x3x3,6 M.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat