bdadinfo.com

Sumatera Selatan Miliki Jembatan Terpanjang Se-Indonesia: Apa Bakal Jadi Ikonik di Pulau Sumatera? - News

Pembangunan jembatan jalan tol di atas Sungai Musi (Pexels.com)

Pembangunan jalan tol saat ini banyak dilaksanakan di Pulau Sumatera yang dapat memberikan pengembangan yang sangat positif.

Terdapat 6 ruas tol baru yang akan rampung pengerjaannya hingga akhir tahun 2023 ini, dalam pembangunan namun harus bisa melewati berbagai tantangan sebagaimana dikutip dari YouTube @UlielAhmed

Dengan adanya tantangan tersebut diantaranya banyak tanah rawa, tanah gambut, dan banyak sungai besar, sehingga pembangunan jalan tol ini harus dilengkapi dengan sebuah jembatan.

Baca Juga: Bikin Takjub! Jokowi Sukses Bikin Kinclong 4 Mega Proyek Soekarno dan Soeharto Ini

Jembatan terpanjang di Indonesia yang saat ini sedang dibangun oleh Pemerintah Tengah diberi nama ‘Jembatan Musi 5’ sepanjang 1,7km terletak di Provinsi Sumatera Selatan.

Namun jembatan terpanjang ini akan melintas diatas Sungai Musi yang berada di ruas tol Kayu Agung – Palembang Betung.

Dimulai dari tahap 1 dari Kayu Agung hingga karamasan sudah rampung pada tahun 2020.

Baca Juga: Jelang Akhir Tahun 2023 JTTS Diserbu Kendaraan, Jalan Tol Riau Nomor 1 Paling Ramai: Sumatera Barat Melongo

Sementara tahap 2 saat ini sedang dalam proses pembangunan jembatan tol Musi 5 ini akan menghubungkan kota Palembang dengan Betung nantinya.

Waktu tempuh dari Palembang menuju Betung yang akan semakin singkat selain itu jembatan tol ini juga adalah akses menuju Provinsi Jambi Sungai Musi ini sering dilewati berbagai kapal.

Adanya jembatan yang dibangun pada bagian atas menggunakan metode Balance dengan begitu infrastruktur jalan tol ini tidak membutuhkan penahan maupun sokongan di bagian bawah jembatan.

Baca Juga: 3 Mega Proyek Soekarno Jadi Penyebab Indonesia Krisis Ekonomi? Ternyata Begini Penjelasannya

Jembatan ini tidak akan mengganggu aktivitas kapal melewati Sungai Musi, terkait bahan yang digunakan dalam pembangunan jembatan Musi lima 99 persen menggunakan produk lokal asli Indonesia.

Jembatan yang melewati bagian atas Sungai Musi adalah salah satu proyek yang dibuat dalam pembangunan jalan tol Kayu Agung Palembang Betung ditargetkan jembatan tol musim 5 ini akan rampung pada tahun 2024 mendatang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat