bdadinfo.com

Bukan di Sumbar Tapi di Sumatera Selatan, Jembatan Tol Terpanjang di Indonesia yang Melintasi Sungai Musi - News

Bukan di Sumbar Tapi di Sumatera Selatan, Jembatan Tol Terpanjang Se-Indonesia yang Melintasi Sungai Musi

- Sumatera adalah wilayah di mana saat ini sedang banyak dilakukan pembangunan jalan tol. Hal ini dilakukan di era Presiden Jokowi guna mengejar ketertinggalan Infrastruktur dari pulau Jawa.

Hingga akhir tahun 2023 dipastikan akan ada 6 ruas jalan tol baru yang akan tuntas pengerjaannya dan akan menambah panjang ruas jalan tol trans sumatra.

Berbagai tantangan harus dihadapi dalam pembangunan jalan tol di sumatra salah satunya tanah gambut dan tanah rawa, tak hanya itu, ada beberapa sungai besar membuat jalan tol harus dilengkapi dengan jembatan.

Baca Juga: Ada 13 Posisi Tersedia! Simak Info Lowongan Kerja di PT Prakarsa Alam Segar (Mie Sedaap) Terbaru November 2023

Pembangunan jalan tol di Sumatera terus dikebut dalam pembangunannya ada satu hal yang menarik yaitu adanya jembatan jalan tol terpanjang yang sedang dibangun jembatan tol di provinsi Sumatera Selatan.

Dan saat ini sedang ada pembangunan jembatan tol paling panjang di Indonesia yang mencapai 1,7 KM jembatan tersebut berada di ruas tol Kayu Agung Palembang Betung di Sumatera Selatan.

Jembatan tol ini melintas di atas Sungai Musi dan diberi nama jembatan Musi lima yang nantinya akan menjadi penghubung kota Palembang dengan Jambi sehingga waktu tempuh dari Palembang menuju Jambi akan semakin singkat.

Baca Juga: Info Lowongan Kerja PT Mulia Boga Raya Tbk (Pabrik Keju Prochiz) Terbaru November 2023, Jangan Sampai Terlewat

Pembangunan jembatan ini pada bagian atas menggunakan metode Balance ctilever guna memberikan kemudahan lalu lintas kapal di bawahnya.

Dengan begitu infrastruktur jalan tol ini tidak memerlukan penahan maupun sokongan di bagian bawah jembatan sehingga tidak mengganggu aktivitas kapal yang melewati sungai Musi. 

Terkait bahan yang digunakan dalam pembangunan jembatan 5 ini 99% menggunakan produk lokal asli.

Baca Juga: Jenis Gaya, Sifat, Arah dan Pengaruhnya, Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 92-94 Uji Pemahaman

Indonesia jembatan tol yang melintasi Sungai Musi ini merupakan salah satu proyek yang dibuat dalam pembangunan jalan tol Kayu Agung Palembang Betung rencananya jembatan tol Musi 5 ini akan Tuntas di tahun 2024.

Adapun hingga bulan Juli 2023 konstruksi pembangunan jalan tol Kayu Agung Palembang Betung tahap 2 telah mencapai progres sebesar 58,9 Jal tol kayu AG Palembang bet inic akaniki total pjang 11,7 KM.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat