bdadinfo.com

Keren! Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan PSN IKN Jalan Tol Di Kalimantan Timur, Ditargetkan Rampung Juni 2024 - News

Jokowi tinjau pembangunan PSN IKN Jalan Tol di Kalimantan Timur (Setkab.go.id)


– Presiden Jokowi meninjau langsung progres pembangunan jalan tol yang akan menghubungkan Balikpapan ke kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Adapun peninjauan dikerjakan di area proyek pembangunan Jalan Tol IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu 1 November 2023.

Dengan keterangannya setelah peninjauan, Presiden Jokowi menyebut apabila pembangunan jalan tol tersebut akan memangkas waktu tempuh dari Balikpapan menuju IKN menjadi lebih singkat.

Baca Juga: Sah! Setelah 11 Tahun Tanpa Kejelasan, Akhirnya Jembatan Layang Sitinjau Lauik Mulai Dibangun Akhir Tahun 2023

Apabila biasanya perjalanan dari Balikpapan menuju IKN memerlukan waktu selama 2 jam 15 menit, dengan hadirnya tol baru dengan waktu tempuhnya menjadi sekitar 50 menit saja sebagaimana dikutip dari setkab.go.id.

“Sekarang dibangun tol ini langsung dari Balikpapan menuju ke Nusantara. Itu hanya memakan waktu kira-kira 50 menit, jaraknya 57 km sehingga ini akan mempercepat mobilitas orang dan barang nantinya ke Nusantara,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, saat ini progres pengerjaan jalan tol tersebut sudah mencapai hampir 55 persen dan Kepala Negara berharap jalan tol tersebut dapat digunakan pada pertengahan tahun 2024 mendatang.

Baca Juga: Viral! Beredar Video Wanita Marah saat Driver Ojol Minta Cancel Orderan dan Bayar Cash, Pernah Alami Hal Sama?

“Diharapkan nanti di bulan Juni 2024 sudah bisa dipakai,” ucapnya.

Selain, infrastruktur jalan, pemerintah juga yang menyiapkan fasilitas dan sarana pendukungnya, antara lain tempat istirahat.

Tak hanya itu, pemerintah juga menyiapkan ribuan pohon untuk ditanami di sepanjang jalan tol tersebut.

Baca Juga: Sensasi Menjelajahi Masa Lalu: Mengenal Sejarah dari Cagar Budaya Lubang Jepang Bukittinggi

Jokowi mengatakan bahwa sebelah kanan kirinya ini memang ingin dibuat sehijau mungkin, sehingga mulai ditanami pohon-pohon endemik Kalimantan

Diharapkan, nantinya kanan-kiri jalan tol ini semuanya green, hijau semuanya, dan sudah siapkan 60 ribu pohon untuk hanya jalan tol tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat