bdadinfo.com

Masjid Raya Sumbar Tak Hanya Ikon Kebanggaan Masyarakat, Kini Bakal Jadi Kawasan Halal Lifestyle! - News

Masjid Raya Sumbar.  (dok. Pemko Padang)

- Masjid Raya Sumbar yang dinobatkan memiliki arsitektur terbaik di dunia dalam kompetisi internasional Abdul lathif Al Fauzan, saat ini dalam tahap pengembangan menjadi Kawasan Halal Lifestyle (KHL).

Sejumlah langkah strategis sudah dikerjakan Pemerintah Provinsi Sumbar untuk mencapai tujuan tersebut sebagaimana dikutip dari sumbarprov.go.id. 

Bermula dari pembentukan tim terpadu yang terdiri dari berbagai instansi terkait hingga penyiapan konsep KHL di Majid Raya Sumbar secara rinci.

Baca Juga: Keren! Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Akan Jadi Terpanjang di Jalan Jawa: Jarak Tempuh Perjalanan Hanya 1,5 Jam ke Semarang

Hal tersebut diungkap dalam Focus Grup Discussion (FGD) Tim Terpadu Pengembangan Kawasan Halal Lifestyle Masjid Raya Sumbar di RR Excelent Bank Indonesia Perwakilan Sumbar, Padang pada Kamis 16 November 2023.

FGD dipimpin oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumbar, Endang Kurnia Saputra tersebut.

Berbagai masukan menjadi catatan penting dalam upaya akselerasi pengembangan KHL Mesjid Raya Sumbar.

Baca Juga: Horee! Pembayaran Transaksi Tol Diuji Coba Akhir 2023 Sukseskan Penerapan Teknologi Baru Non Tunai, Ini Kata PUPR

Hal tersebut antara lain pembentukan tim kerja yang berkantor di Mesjid Raya Sumbar, komitmen kuliner halal hingga pengusulan beberapa model KHL mesjid Raya Sumbar.

Wahyu Purnama dalam penjelasannya mengatakan bahwa konsep Masjid Raya Sumbar sebagai KHL tersebut nantinya akan menjadi yang pertama di Indonesia.

Wahyu juga menerangkan, diharapkan hal ini bisa menjadi contoh bagi daerah bahkan negara lain dalam upaya pengembangan ekonomi syariah.

Baca Juga: Deretan Ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang Telah Beroperasi Sampai Akhir Tahun 2023, Desember Nambah Lagi!

Wahyu yang juga mantan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar tersebut menyatakan, banyak yang dikembangkan dalam KHL seperti menghadirkan perbangkan atau ATM syariah.

Selain itu ada juga zona KHAS (Kuliner Halal Aman dan Sehat), fashion muslim, pojok edukasi dan literasi, kajian-kajian rutin ekonomi keuangan syariah, paket wisata halal, hingga spot atau fasilitas pernikahan syar'i.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat