bdadinfo.com

Keren! Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Akan Jadi Terpanjang di Jalan Jawa: Jarak Tempuh Perjalanan Hanya 1,5 Jam ke Semarang - News

Keren! Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Akan Jadi Terpanjang di Jalan Jawa: Jarak Tempuh Perjalanan Hanya 1,5 Jam ke Semarang/Pixabay

 

- Jalan Tol Yogyakarta - Bawen adalah bagian Proyek Strategis Nasional (PSN) saat ini sedang dalam penyelesaian konstruksi, khususnya pada Seksi 1 JC Sleman - SS Banyurejo. 
 
Namun jalan tol yang diharapkan semakin memperlancar arus distribusi jasa dan barang, pengembangan industri dan pariwisata serta meningkatkan konektivitas, khususnya di sisi selatan Pulau Jawa.
 
Saat jalan tol Yogyakarta - Bawen beroperasi penuh akan mempercepat akses perjalanan dari Semarang menuju Yogyakarta yang sebelumnya cukup lama dengan waktu sekitar 3 jam menjadi hanya 1,5 jam saja.
 
 
Adanya terkait bangunan Cagar Budaya Padukuhan Pundong 2 Kalurahan Tirtoadi yang terkena Proyek Jalan Tol Yogyakarta - Bawen 
 
Saat ini sudah dilaksanakan survey dan review terkait Rincian Anggaran Biaya (RAB) untuk Relokasi Cagar Budaya oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta nantinya. 
 
Kemudian untuk Seksi 1 Yogyakarta - Banyurejo sepanjang 8,8 Km progres konstruksinya telah mencapai 59,93 persen yang ditargetkan rampung pada Kuartal 1 Tahun 2024 mendatang. 
 
Selain itu kontruksi Seksi 6 Ambarawa – Bawen Provinsi Jawa Tengah yang saat ini telah dimulai pelaksanaannya, PT JJB sudah berkordinasi dengan Bupati Kabupaten Semarang terkait Izin memulai konstruksi di wilayah semarang.
 
 
Saat ini sedang dilakukan Pekerjaan Pembersihan Lokasi Kerja, Timbunan Tanah dan Borpile sebagaimana dikutip dari bpjt.pu.go.id.
 
Dengan adanya jalan Tol ini akan melintasi 2 Provinsi yaitu, Provinsi Jawa Tengah sepanjang 66,32 Km dan Daerah Istimewa Yogyakarta sepanjang 8,80 Km. 
 
Berbeda pada Seksi 6 SS Ambarawa-JC Bawen juga yang akan terkoneksi langsung dengan Jalan Tol Semarang-Solo. 
 
Kemudian rencananya nanti yang akan ada 6 Gerbang Tol di Ruas Jalan Tol Yogyakarta – Bawen. 
 
 
Beberapa sebagai informasi, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen memiliki total panjang 75,12 Km terbagi menjadi 6 Seksi diantaranya:
 
Seksi 1 ruas Yogyakarta – Banyurejo sepanjang 8,8 Km
Seksi 2 ruas Banyurejo - Borobudur sepanjang 15,2 Km
Seksi 3 ruas Borobudur – Magelang sepanjang 8,1 Km
Seksi 4 ruas Magelang - Temanggung sepanjang 16,6 Km
Seksi 5 ruas Temanggung – Ambarawa sepanjang 21,2 Km dan
Seksi 6 ruas Ambarawa - Bawen sepanjang 5,12 Km.
 
Semoga informasi ini bermanfaat.***

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat