bdadinfo.com

Cair 2024! Warga 3 Dusun di Jawa Tengah Dapat Ganti Rugi dari Bendungan Bodri, Rp609 Miliar Siap Dikucurkan - News

Ilustrasi Bendungan Bodri  (Kemenkeu)

- Beberapa warga di tiga dusun di Jawa Tengah diperkirakan akan mendapatkan anggaran sebesar Rp609 Miliar.

Anggaran sebesar Rp609,7 Miliar tersebut akan digunakan sebagai dana untuk pengadaan tanah dalam rencana pembangunan Bendungan Bodri.

Rencananya, anggaran yang akan dibagikan kepada warga 3 dusun di Jawa Tengah tersebut akan dikeluarkan pada 2024 mendatang.

Baca Juga: Apresiasi Erick Thohir saat Saham BBRI Naik 61,5 Kali Lipat Sejak IPO

Tiga dusun yang terdampak dari rencana pembangunan Bendungan Bodri terdapat di Desa Banyuringin.

Tepatnya Dusun Tempuran dan Dusun Jaru juga Dusun Pendem yang terletak di Desa Kaliputih, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat merencanakan pembangunan Bendungan Bodri yang berfungsi sebagai suplesi Daerah Irigasi Bodri.

Baca Juga: Buset! Dipatok Hampir Rp1,4 Miliar, Jam Tangan IWC Schaffhausen Tetap Jadi Incaran, Kok Bisa?

Adapun, dengan luas 8.865 Ha yang bertujuan menambah pasokan air irigasi untuk meningkatkan intensitas tanam di daerah tersebut.

Selain itu, Bendungan Bodri juga direncanakan dapat berfungsi sebagai pereduksi debit banjir kali Bodri di Kabupaten Kendal sebesar 10,23 persen dengan pengendali banjir sebesar 64,81 m3/s.

Pembangunan Bendungan Bodri direncanakan bertipe Urugan Zonal Inti Tegak dengan panjang 396,7 m, tinggi 73,5 m, dan lebar 12m.

Baca Juga: Sama-Sama Penting, Lebih Utama Mana Ya Antara Asuransi Kesehatan dengan Asuransi Jiwa?

Luas genangan yang direncanakan dalam pembangunan Bendungan Bodri seluas 300 Ha dengan rincian volume tampungan efektif sebesar 24,08 Juta m3.

Biaya konstruksi yang digunakan untuk pembuatan Bendungan Bodri sebesar Rp1,1 Triliun dengan pendanaan equity sebesar 30 persen dan Debt 70 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat