bdadinfo.com

Siap Saingi Keindahan Tol Payakumbuh Pangkalan, Tol Parapat Andalkan Suguhan Memukau dari Destinasi Wisata Ini  - News

Siap Saingi Keindahan Tol Payakumbuh Pangkalan, Tol Parapat Andalkan Suguhan Memukau dari Destinasi Wisata Ini  (bpjt.pu.go.id)

– Tol Payakumbuh Pangkalan yang masuk ke seksi 4 tol Padang Pekanbaru ini tadinya digadang-gadang menjadi salah satu jalan tol terindah.

Siap saingi Sumatera Barat, Sumatera Utara juga bakal membangun jalan tol di Parapat yang andalkan suguhan memukau dari landscape destinasi ikonik mereka.

Parapat adalah kelurahan yang menjadi akses saat hendak menuju Destinasi Super Prioritas, Danau Toba, di Sumut dab berjarak dari Kabupaten Samosir sekitar 48 km dari kota Pematang Siantar.

Baca Juga: Begerak Signifikan, Progres Pembangunan Jalan Tol Padang Sicincin Sudah Sampai 41,34 Persen: Kapan Tuntas?

Parapat menjadi salah satu titik persinggahan penting dari Jalan Raya Lintas Sumatera bagian Barat yang menghubungkan Kota Medan dengan Kota Padang.

Di Parapat, selain memiliki destinasi wisata populer hingga ke mancanegara seperti Danau Toba, di sana juga terdapat pelabuhan feri.

Kapal feri tersebut dapat mengantarkan wisatawan yang hendak ke Pulau Samosir dan berkeliling mengarungi Danau Toba.

Baca Juga: Pantas Ngebut, Jalan Tol Padang Sicincin di Sumbar Digarap Pakai Inovasi Teknologi Ini: Beres 2024?

Apabila menggunakan jalur nasional, dari Kota Medan ke Parapat menempuh jarak sekitar 174 km dengan estimasi waktu tempuh memakan 4 jam.

Oleh karena itu, pemerintah pusat dipastikan tetap akan membangun ruas jalan tol Pematang Siantar - Parapat sepanjang sekitar 39 km di Provinsi Sumatera Utara.

Ketua tim koordinasi dan sekretariat terus mempercepat pelaksanaan proyek strategis nasional di Provinsi Sumut tersebut.

Baca Juga: Progres 88,58 Persen, Jalan Tol Penghubung Riau dan Sumbar Ini Ditargetkan Rampung Desember Mendatang

Tol Siantar Parapat yang merupakan bagian dari ruas tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat itu terdiri dari seksi Pematang Siantar – Seribu Dolok sepanjang 22,3 km.

Kemudian seksi Seribu Dolok - Parapat sepanjang 16,7 km, jalan tol Siantar Parapat tetap dibangun mengingat jalan tol itu mendukung untuk kawasan strategis KSP Danau Toba.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat