bdadinfo.com

Sejarah Singkat tentang Peringatan Hari Guru Nasional yang Perlu Kamu Ketahui, Seperti Apa? - News

Sejarah singkat Hari Guru Nasional

- Tanggal 25 November diperingatilah hari guru nasional setiap tahunnya di Indonesia

Dalam perayaan Hari Guru Nasional diselenggarakan untuk memberikan penghormatan pada guru dan mengapresiasi peran guru dalam pengembangan pendidikan di Indonesia.

Setiap negara memiliki hari guru nasional bagi negaranya masing-masing dimana perayaan Hari Guru tiap negara diadakan di tanggal yang berbeda-beda.

Baca Juga: Baru Jadi Fresh Graduate? PT Pamapersada Nusantara Membuka Lowongan Kerja untuk Development Program

Sedangkan untuk Hari Guru Sedunia diadakan serentak di tanggal 5 Oktober.

Hari Guru Nasional mencerminkan semangat persatuan guru dalam menyelenggarakan pendidikan yang tidak diskriminatif di Indonesia.

Pendidikan harus diselenggarakan secara adil tanpa memandang perbedaan suku, ras, agama, dan politik agar dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif.

Baca Juga: Ditetapkan Sejak Awal Kemerdekaan, Ternyata Ini Alasan Kenapa Hari Guru Nasional Diperingati Setiap Tanggal 25 November

Makna dari peringatan Hari Guru Nasional terletak pada upaya memberikan penghormatan dan apresiasi kepada guru-guru yang mengajar atas dedikasi serta kontribusi yang mereka berikan dalam membentuk masa depan bangsa melalui dunia pendidikan.

Selain itu, tujuan memperingati hari guru nasional adalah untuk meningkatkan kesadaran akan peran krusial guru dalam membentuk generasi yang lebih baik.

Sejarah awal mulanya ada hari guru nasional tidak lepas dari momen dibentuknya organisasi Persatuan Guru Indonesia (PGRI) pada tahun 1945, setelah itu pada tanggal 24-25 November Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menyelenggarakan Kongres Guru Indonesia perdana di Surakarta, Jawa Tengah.

Baca Juga: Sumatera: Produsen Minyak Goreng Terbesar di Indonesia, Harga Termahal Ada di Provinsi Ini!

Yang pada akhirnya hasil dari kongers ini menetapkan tanggal 25 November secara resmi ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 1994.

Pemilihan tanggal 25 November dipilih untuk menghormati lahirnya Ki Hajar Dewantara yang bernama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat