bdadinfo.com

Kemandirian Pesantren 2023, Kakanwil Kemenag Sumbar: Mandiri Secara Ekonomi - News

Kakanwil Sumatera Barat, Mahyuddin (ist)

- Kemandirian Pesantren menjadi salah satu program prioritas Kementerian Agama (Kemenag) RI tahun 2023, Senin, 18 Desember 2023.

Program ini diketahui diarahkan pada pembentukan pesantren sebagai Community Economy Hub.

Kakanwil Sumbar, Mahyuddin mengatakan, program ini bertujuan mewujudkan pesantren yang mandiri secara ekonomi dalam menjalankan fungsi utamanya sebagai lembaga pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga: Kementerian PUPR Janji akan Lakukan Pemeriksaan terhadap Pembangunan IKN, Pastikan Ibu Kota Layak Dihuni

Menurutnya, pesantren selama ini kerap menjadi institusi yang terseret-seret oleh kepentingan yang tidak ada signifikansinya dengan fungsi pesantren. Hal tersebut dimungkinkan karena pesantren tidak memiliki kekuatan yang mandiri dalam ruang ekonomi.

"Menteri Agama sejak awal bercita-cita agar pesantren dalam eksistensinya sebagai sebuah lembaga pendidikan, dakwah dan pemberdayaan masyarakat, juga mandiri dalam bidang perekonomian," katanya.

Untuk saat ini, kata Mahyuddin, lebih dari 37.000 pesantren yang terdaftar di Kementerian Agama dengan empat juta santri aktif. Ini merupakan kekuatan yang luar biasa jika dapat dikelola secara efektif.

Baca Juga: Ahli Ekonomi Makro? Kementerian PPN/Bappenas Buka Lowongan untuk 3 Posisi Berikut, Ini Link Pendaftarannya

"Dalam hal Kemandirian ekonomi, akan lebih mudah terwujud jika tercipta suatu sistem yang mendukung pesantren untuk saling menjalin relasi dalam membangun lini usaha," tuturnya.

Dijelaskannya, program Kemandirian Pesantren yang telah dicanangkan ini harus sudah mengarah pada tujuan membentuk ekosistem ekonomi pesantren yang saling terkoneksi, atau yang di sebut Community Economy Hub.

"Jika 37.000 pesantren ini menjadi titik-titik yang terhubungkan satu sama lain, maka cita-cita kita semua dalam membangun pesantren mandiri semakin dekat terwujud,” ungkapnya.

Ditambahkannya, Community Economy Hub Pesantren diharapkan menjadi sebuah sistem untuk mencapai cita-cita bersama kalangan pesantren, di mana terjalin hubungan yang saling mendukung.

Pesantren yang telah memiliki unit usaha kuat dapat mengajak pesantren lainnya agar turut meningkatkan ekonominya, sehingga terjadi interaksi untuk saling belajar dan memotivasi.

“Kita juga harus fokus melakukan evaluasi berkelanjutan pada Program Inkubasi Bisnis tahun-tahun sebelumnya. Penekanannya terutama pada pentingnya pendampingan intensif terhadap usaha yang dijalankan pesantren,” tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat