bdadinfo.com

Terbengkalai Selama 20 Tahun, Jalan Daerah Sumatera Utara Ini Segera Rampung Setelah Sempat Viral Ditengok Presiden Jokowi - News

Perbaikan Jalan Gunting Saga Sumatera Utara (binamarga.pu.go.id)

- Dengan kondisi jalan rusak parah penuh dengan lubang dan genangan air, Presiden Jokowi hadir di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatera Utara.

Pada 17 Mei 2023 lalu, Presiden Jokowi meninjau langsung kerusakan Jalan Gunting Saga Kabupaten Labuhanbatu yang langsung ditangani dengan adanya Inpres no 3 tahun 2023 tentang percepatan peningkatan konektivitas jalan daerah.

Proses perbaikan Jalan Gunting Saga sepanjang 5 km ini pun telah dinyatakan telah memenuhi progres diatas 90 persen.

Baca Juga: Kado Terindah Akhir Tahun dari Bupati Eka Putra, 77 Pejabat Manajerial dan Nonmanajerial Dilantik

Di akhir Desember 2023 ini sisa pekerjaan seperti pengecoran bahu jalan, TPT, pengecatan marka ditargetkan rampung.

Adapun beberapa pekerjaan seperti perbaikan tanah dan timbunan pilihan, aplikasi pondasi agregat kelas A, dan pengaspalan dua lapis pun sudah dirampungkan.

Untuk membuat struktur jalan lebih stabil, dibuat TPT atau Tembok Penahan Tanah yang dilengkapi dengan drainase box culvet di dua sisi jalan.

Baca Juga: Mengenal ADHD, Gangguan Perkembangan Saraf yang Diidap Fuji, Simak Karakteristik dan Cara Mengobatinya

Sementara itu, bagian dari ruas jalan yang menghubungkan Desa Sialang Taji dengan Desa Sonomartani kini memiliki lebar 5,5 meter dengan bahu jalan beton selebar 50 centimeter di setiap sisi.

Kepala Satuan Kerja Pelaksana Jalan Wilayah I Provinsi Sumut, Dicky Erlangga menyebut progres paket pekerjaan perbaikan jalan ini bernilai Rp45,56 miliar.

Dirinya juga menyebut bahwa kondisi jalan pun berangsur-angsur membaik dan dapat dilintasi oleh kendaraan dibandingkan pada saat dikunjungi oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga: Apa? Mega Proyek IKN Warisan Gelap Presiden Jokowi, Buktinya, Kepala Otorita IKN yang Tak Dipilih Melalui Pilkada

Peningkatan progres signifikan yang dicapai pada pembangunan atau perbaikan Jalan Gunting Saga ini tentu tidak terlepas dari dukungan masyarakat.

Apalagi realita yang ada menunjukkan bahwa salah satu ruas jalan di Provinsi Sumatera Utara ini sudah sekira 20 tahun tidak tersentuh perbaikan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat