bdadinfo.com

Kembali Terjadi Tabrakan antara Kereta: Politikus PKS Ingatkan Pemerintah Terkait Kecelakaan Besar Kedua dalam 6 Bulan - News

Politikus PKS kritis pemerintah soal tabrakan KA Turangga dengan KA Bandung Raya (Twitter @merapi_uncover)

– Pagi ini, Jumat, 5 Januari 2024 pada pukul 06.03 WIB, telah terjadi tabrakan Kereta Api Turangga dengan Kereta Lokal Bandung Raya di Cicalengka.

Sejauh ini, terdapat 3 orang korban jiwa dalam tabrakan, yakni masinis dan asisten masinis KA Bandung Raya dan Pramugara KA Turangga, serta 28 orang luka-luka.

Tabrakan ini berimbas pada 9 perjalanan yang dibatalkan dan 10 lainnya terus berjalan, namun ditempuh dengan jalan memutar Bandung-Cikampek-Kroya.

Baca Juga: Jokowi Panen Jalan Tol Baru di Akhir Masa Jabatannya, Palembang-Jambi Bisa Terhubung dengan Tol di 2024? 

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyampaikan turut berduka cita atas kecelakaan kereta api yang memakan korban jiwa tersebut.

“Fraksi PKS mengingatkan kepada pemerintah, khususnya Kementerian Perhubungan bahwa ini adalah kecelakaan besar kedua dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan. Setelah beberapa bulan lalu terjadi kecelakaan antara Kereta Api Argo Semeru dan Kereta Api Argo Wilis di Yogyakarta,” tulisnya.

Fraksi PKS telah memperingatkan pemerintah agar tidak terlalu jumawa dalam mengoperasikan Kereta Cepat Whoosh.

Baca Juga: Penuh Prestasi! Mengenal Profil Anisha Dasuki dan Aryo Ardi, sebagai Moderator yang Dipilih untuk Debat Pilpres Ketiga

Sebab operasi Kerata Cepat Whoosh bukanlah tanda keberhasilan pemerintah di sektor perkeretaapian, karena utang yang besar masih harus dilunasi.

“Selain itu Fraksi PKS meminta agar Pemerintah dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI meningkatkan kembali layanan kereta api dan menerapkan zero accident di sektor perkeretapian,” kata Suryadi.

Karena mayoritas pengguna kereta api masih menggunakan kereta konvensional, hal ini juga memerlukan perhatian dan anggaran khusus.

Politisi PKS meminta pihak-pihak terkait segera mengusut tuntas penyebab kecelakaan tersebut dan melaporkannya secara transparan kepada masyarakat.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Heran KPU Berkali-kali Melakukan Kesalahan Menjelang Pilpres 2024, Terakhir Soal Simulasi Surat Suara

"KAI Commuter menyampaikan permohonan maaf atas adanya kendala operasional antara KA Turangga dengan Commuter Line Bandung pada lintas Stasiun Haurpugur - Stasiun Cicalengka pada Jumat, 5 Januari 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat