bdadinfo.com

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken Tegaskan Sikap AS Terkait Israel-Gaza, Pertimbangkan Jalur Menuju Perdamaian - News

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken Bertemu dengan PM Israel Benyamin Netanyahu bertemu di Tel Aviv (static.timesofisrael.com)

- Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengonfirmasi bahwa hubungan Amerika Serikat dengan Israel bersifat ‘unik’ dan ia tetap menolak wacana gencatan senjata di Gaza.

Meskipun begitu, ia menyampaikan kepada Netanyahu di Tel Aviv bahwa kekuatan regional lain telah menegaskan bahwa memberikan hak politik Palestina adalah kunci perdamaian di wilayah tersebut.

Dilansir dari laman The Guardian, Menteri Luar Negeri AS, Setelah melakukan pembicaraan yang alot pada hari Selasa, mengungkapkan bahwa persahabatan istimewa antara kedua negara menuntut AS untuk ‘sejujur mungkin ketika pilihan-pilihan tersebut harus diambil’ dan mendorong Israel untuk membuat ‘keputusan yang sulit.’

Baca Juga: Franz Beckenbauer Meninggal Dunia, Begini Ungkapan Duka Cita yang Disampaikan Jurgen Klopp

Israel tetap menolak permintaan AS untuk memberikan kendali atas Gaza dan Tepi Barat yang mereka duduki kepada Otoritas Palestina yang diakui secara internasional.

Sebagai alternatif, mereka mengusulkan pemerintahan yang melibatkan klan atau pihak lokal, dengan Tentara Pertahanan Israel untuk memiliki peran pengawasan signifikan.

"Israel harus menghentikan langkah-langkah yang menghilangkan kemampuan Palestina untuk mengatur diri mereka sendiri dan harus menjadi mitra pemimpin Palestina yang bersedia membimbing rakyat mereka hidup berdampingan secara damai dengan Israel," ungkap Blinken menekankan.

Baca Juga: Bermodal Awal Rp100 Ribu, Keluarga Ini Rintis Usaha Bawang Goreng Beromzet Jutaan Per Bulan

Menurut Blinken, para pemimpin Arab di seluruh Timur Tengah bersedia membantu dalam rekonstruksi Gaza melalui ‘pendekatan regional yang mencakup jalur menuju negara Palestina.’

Ia menyoroti bahwa mewujudkan hak politik Palestina sangat penting untuk mengakhiri siklus peperangan yang terjadi.

Dalam perjalanan regionalnya, Blinken mengunjungi Turki, Yordania, Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab, dengan tujuan mencapai kesepakatan mengenai masa depan Gaza serta mencegah eskalasi perang di Timur Tengah.

Baca Juga: Mauricio Pochettino Beri Penjelasan tentang Aksi Thiago Silva Pasca Pertandingan Piala Liga Inggris

Sebelumnya, Blinken memberitahu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa pasukannya harus menghindari bertambah banyaknya korban sipil di Gaza.

Dukungan AS untuk upaya Israel dalam mencegah serangan Hamas tetap kuat, dengan penekanan pada pentingnya menghindari kerusakan lebih lanjut pada warga sipil dan melindungi infrastruktur sipil di Gaza.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat