bdadinfo.com

Wow! Bangun PLTS Irigasi di Sumbar, PTBA Berhasil Tingkatkan Panen Gabah Petani Sebesar 400 Persen, Kok Bisa? - News

Perwakilan dari Mind. ID meninjau fasilitas PLTS (PTBA.co.id)

- Anak usaha BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, yaitu PT Bukit Asam Tbk, telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Talawi Mudik, Sawahlunto, Sumatera Barat.

 Proyek pembangunan PLTS ini memiliki tujuan untuk menggerakkan pompa irigasi, dengan harapan mampu mengalirkan air ke 62 hektare sawah.

Desa Talawi Mudik, Sawahlunto, Sumatera Barat, kini diselimuti hamparan sawah yang hijau subur. Tanaman padi, kangkung, dan jagung tumbuh dengan subur di lahan tersebut.

Baca Juga: Sapi Laut Steller: Dikenal sebagai Mamalia Air Terbesar yang Sudah Punah

 Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dibangun oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA) memiliki peran penting dalam menggerakkan pompa irigasi, memastikan pasokan air sepanjang tahun ke sawah seluas 62 hektare.

Dengan berkapasitas 18,7 kilowatt peak (kWp) dan dibangun pada tahun 2019, PLTS irigasi di Desa Talawi Mudik memberikan manfaat signifikan bagi sekitar 4 60 orang, yang terdiri dari 115 petani dan 345 anggota keluarga dari masing-masing petani.  

Baru-baru ini, Tim Sustainability PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melakukan kunjungan ke PLTS irigasi yang dibangun empat tahun lalu untuk mengevaluasi kondisinya dan mengukur dampak positifnya terhadap masyarakat.

Baca Juga: Rencana Gila! Sulawesi Tenggara Rencanakan Bangun Jembatan Setara Rp15 Triliun dalam Waktu 4 Tahun Saja

"PT Bukit Asam Tbk (PTBA) sebagai bagian dari Holding BUMN Pertambangan MIND ID memiliki visi untuk menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli terhadap lingkungan. Salah satu wujud kepedulian terhadap lingkungan ini adalah melalui pembangunan PLTS irigasi di Desa Talawi Mudik," ujar Mustafa Kamal, AVP Sustainable Economic, Social & Environment PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

Sebelum adanya PLTS irigasi dari PT Bukit Asam Tbk (PTBA), total hasil panen dari 62 hektar sawah tersebut hanya sekitar 248 ton gabah per tahun.

Hal ini disebabkan karena para petani bergantung pada air hujan, sehingga panen hanya dapat dilakukan sekali setahun. Saat ini, petani dapat menanam sepanjang tahun yaitu 3 kali musim panen dan tidak takut akan kekurangan air.

Kini, hasil panen dapat mencapai sekitar 1.000 ton per tahun dari tiga kali panen atau naik sekitar 400 persen dari sebelum adanya PLTS.

Baca Juga: Resmi Deklarasikan Dukung Prabowo-Gibran, Khofifah akan Bertugas Setelah Umroh

Dian, anggota Kelompok Tani Tampang Jaya yang merupakan salah satu penerima manfaat dari PLTS irigasi ini, menyatakan bahwa bantuan dari PTBA sangat membantu petani dalam meningkatkan produksi padi dan palawija.

"Bukan hanya petani padi saja yang mendapat manfaat dari PLTS irigasi. Petani kangkung, jagung, cabai, dan palawija juga merasakan manfaatnya. Bahkan peternak sapi juga sangat terbantu karena pengaliran air yang konsisten. Mewakili masyarakat dan Kelompok Tani Tampang Jaya, saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada PTBA atas bantuan PLTS irigasinya. Semoga PTBA terus berhasil," ujar Dian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat