bdadinfo.com

NTT Makin Keren! Progres Kontruksi Pembangunan PLBN Akhirnya akan Dinyatakan Rampung Akhir Januari 2024, Berapa Kawasan? - News

Progres pembangunan PLBN di NTT (topkonstruksi.com)

- Rencana progres konstruksi pembangunan PLBN di NTT masih terus dalam pengerjaan hingga dinyatakan dapat rampung oleh Pemerintah pada akhir Januari 2024.

Progres konstruksi pengerjaan sudah terkontrak sejak 28 April 2023 melalui kontraktor pelaksana PT Metro Kresasi Indoteknik dan PT Cipta Multi Kreasi sebagai Manajemen Konstruksi.

Sebelumnya ditargetkan konstruksi pengerjaan sarana prasarana pendukung PLBN Napan sesuai kontrak selesai 3 Desember 2023, namun tidak sesuai yang telah ditentukan.

PLBN Napa berasal di Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara yang berjarak sekitar 200km dari Kota Kupang sebagai Ibu Kota Provinsi NTT.

Baca Juga: Riau Gak Ada Habisnya! Maret 2024 Segera Dibangun Jembatan Terpanjang demi Penuhi Kebutuhan 80.000 Sambungan Rumah di Indonesia, Berapa Hektare?

Dapat ditempuh sekitar 5 jam juga via jalur darat, namun secara administratif, PLBN Napan siap dioperasikan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mendorong pemerataan ekonomi.

Dengan adanya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mendorong pemerataan ekonomi, khususnya di wilayah perbatasan Kabupaten Timor Tengah Utara dengan Negara Timor Leste.

Pembangunan PLBN ini sendiri diharapkan juga dapat mengurangi disparitas, meningkatkan daya saing nasional serta mempercepat pertumbuhan ekonomi wilayah setempat.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa pembangunan PLBN tidak hanya bertujuan untuk pos lintas batas negara, namun juga didorong menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Baca Juga: Mantap! Total Proyek Infrastruktur Jokowi Mencapai Rp5.481,4 Triliun, Apakah Sumatera Termasuk Proyek yang Paling Mahal?

Dengan demikian kehadiran PLBN selain menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru dan yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan.

PLBN Napan Kabupaten Timor Tengah, Provinsi NTT merupakan salah satu PLBN yang menjalani percepatan pelaksanaan pembangunan wilayah perbatasan berdasakan Inpes No.1 tahun 2019.

Keterangan yang tertulis dalam Inpes No.1 tahun 2019 terkait percepatan pembangunan 11 PLBN Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang Di kawasan Perbatasan.

Adanya pengerjaan tahap I dilaksanakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya Bangunan Gedung sejak Desember 2020 dengan biaya sekitar Rp106 miliar sebagaimana dikutip dari topkonstruksi.com.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat