bdadinfo.com

6 Kota Tersepi di Indonesia, Salah Satunya Ada di Sumatera Barat: Tinggal di Sini Dijamin Tidak Punya Tetangga yang Ribet! - News

Salah satu kota tersepi yang ada di Indonesia. Beberapa kota tersepi diketahui berada di Pulau Sumatera. (Dok: Pariwisata Sumut)

 

- Indonesia menjadi salah satu negara dengan populasi penduduk terbanyak keempat di dunia. Akan tetapi pemerataan penduduk masih menjadi masalah di tanah air.

Hingga saat ini, terdapat beberapa kota yang dapat dikategorikan sebagai kota tersepi di Indonesia karena tidak meratanya penduduk yang mendiami suatu daerah.

Menurut data Kementerian Dalam Negeri RI tahun 2019 sebagian besar penduduk menghuni pulau Jawa porsinya lebih dari 50 persen. Hal ini membuat sejumlah wilayah dikenal sebagai kota terpadat di Indonesia. 

Baca Juga: Deretan 9 Proyek Terbesar dan Termahal Sumatera Barat! Ada yang sampai Mangkrak Padahal Nilai Proyeknya Capai Triliunan: Kok Bisa?

Namun karena hal itu pula lah ada juga daerah-daerah yang menjadi daerah tersepi di beberapa wilayah di Indonesia. 

Berikut 6 kota tersepi di Indonesia dimana beberapa diantaranya banyak ditemukan di Pulau Sumatera.

  1. Sawahlunto 

Posisi keenam sebagai kota paling sepi di Indonesia ditempati oleh Kota Sawahlunto, kota yang merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Barat ini memiliki luas sekitar 273 km2 dengan jumlah penduduk hanya sekitar 62.524.

Baca Juga: Asyik! Mulai Hari ini Jalan Tol Terbaru Sumatera Utara ini Bakal Beroperasi Penuh Tanpa Tarif Alias Gratis: Keluar Kota Makin Cepat Nggak Mikir Biaya

Jika dihitung kepadatan penduduk kota yang dulunya terkenal dengan tambang batu baranya ini hanya ada sekitar 230 jiwa saja per kilometer perseginya dan angka tersebut tentunya termasuk yang tersepi. 

  1. Pagar Alam 

Berada di Provinsi Sumatera Selatan, daerah ini memiliki luas wilayah sekitar 633 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 189.761 jiwa.

Kota Pagar Alam juga merupakan kota terluas di Indonesia yang berada di urutan ke-10 dan bila dihitung kepadatan penduduk di daerah tersebut hanya sekitar 211 jiwa per kilometernya.

Baca Juga: Proyek Jalan Tol di Jambi Melaju Kencang di Tahun 2024, Terbaru akan Ada 4 Gerbang Tol Megah yang Hadir: ini Daftarnya!

Hal inilah yang mendasari Pagar Alam termasuk sebagai kota paling sepi penduduknya di Indonesia.

  1. Dumai 

Kota yang terletak di Provinsi Riau ini memiliki luas wilayah sekitar 1727,38 km2 dengan luas wilayah tersebut Dumai menjadi kota dengan wilayah terluas di urutan kedua di tanah air.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat