bdadinfo.com

Jadi Daerah dengan Jumlah Bendungan Terbanyak, NTB Siapkan Bendungan Baru dengan Biaya Rp1,4 Triliun, Selesai Tahun Ini - News

Bendungan Meninting NTB dibiayai Rp1,4 triliun (pu.go.id)

- Nusa Tenggara Barat atau yang kerap disebut NTB tercatat menjadi salah satu daerah yang memiliki bendungan terbanyak di Indonesia.

NTB selama masa pemerintahan Kabinet Kerja punya enam bendungan yang beberapa diantaranya selesai dikerjakan Kementerian PUPR.

Bendungan-bendungan yang telah selesai dikerjakan diantaranya Bendungan Mila, Bendungan Beringin Sila, Bendungan Bintang Bano, Bendungan Tanju.

Baca Juga: Perkembangan Terbaru: Pembangunan Gedung Kementerian dan Istana Presiden di Kawasan Pusat Pemerintahan IKN

Tahun ini NTB kembali diprediksi akan menyelesaikan satu lagi bendungan berkapasitas super.

Tak main-main, biaya yang ditorehkan untuk pembangunan bendungan ini mencapai Rp1,4 triliun.

Bendungan yang dijuluki sebagai Bendungan Meninting ini dibangun di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga: Olympia Plaza Mall Legendaris sebagai Ladang Uang dan Primadona Anak-anak Medan Shoping-shoping Ria Sejak 1984

Bendungan dengan kapasitas mencapai 12,18 juta meter kubik ini diprediksi bakal selesai pada pertengahan tahun 2024 atau bulan Juli mendatang.

Bendungan Meninting memiliki tinggi 74 meter dan dipastikan memiliki kapasitas dengan jumlah yang besar.

Sebagai penyuplai air baku, Bendungan Meninting memiliki kapasitas sebesar 150 liter per detik.

Baca Juga: Update Terbaru: Progres Pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat dan Kemenko di IKN

Selain itu, untuk irigasi pertanian, Bendungan Meninting juga memiliki luas genangan mencapai 53 hektar untuk irigasi lahan seluas 1.559 hektar.

Dengan debit air yang besar, Bendungan Meninting ini memiliki potensi untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA sebesar 0,8 MW.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat