bdadinfo.com

Pantes! Ingin Secepatnya Minggat Meninggalkan dari Sumatera Utara! Ibu Kota Sumatera Timur Ternyata Sudah Ada Sejak Tahun 1947 - News

kota Tanjungbalai ini berada di tepi Sungai Asahan, sungai terpanjang di Sumatera Utara. Jarak tempuh dari Kota Medan lebih kurang 186 KM atau sekitar 5 jam perjalanan kendaraan.

 - Banyak rakyat Indonesia tidak mengetahui terutama di pula Sumatera sebuah kota Tanjung Balai adalah salah satu kota di Provinsi Sumatera Utara pernah ada dalam catatan sejarah negeri ini.

Diketahui, Kota Tanjungbalai luas wilayahnya 60,52 km² dan jumlah penduduk tahun 2020 sebanyak 175.233 jiwa, dan pada akhir tahun 2023 sebanyak 183.636 jiwa.

Memang, kota Tanjungbalai ini berada di tepi Sungai Asahan, sungai terpanjang di Sumatera Utara. Jarak tempuh dari Kota Medan lebih kurang 186 KM atau sekitar 5 jam perjalanan kendaraan.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Unggul, Anthony Leong: Ini Berkat Sinergi Kampanye Udara Digital

Kota Tanjungbalai merupakan bagian dari Provinsi Sumatra Utara. Kota Tanjungbalai ini pernah menjadi kawasan terpadat di Asia Tenggara.

Untuk luas wilayahnya, mencapai 6.052 Ha atau 60,52 km persegi. Adapun jumlah penduduknya mencapai 175.223 jiwa. Kota ini memiliki 6 kecamatan dan 31 kelurahan.

Sebelum Kota Tanjungbalai diperluas dari hanya 199 ha (2 km²) menjadi 60,52 km², kota ini pernah menjadi kota terpadat di Asia Tenggara.

Dengan jumlah penduduk lebih kurang 40.000 orang dengan kepadatan penduduk lebih kurang 20.000 jiwa per km².

Akhirnya Kota Tanjungbalai diperluas menjadi ± 60 Km² dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 20 Tahun 1987, tentang perubahan batas wilayah Kota Tanjungbalai dan Kabupaten Asahan.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Unggul, Anthony Leong: Ini Berkat Sinergi Kampanye Udara Digital

Letak Kota Tanjung Balai berada di antara 2°58'00" Lintang Utara dan 99°48'00" Bujur Timur. Luas wilayahnya adalah 60,52 km².

Kota Tanjung Balai menjadi tempat pertemuan bagi dua sungai besar yang bermuara ke Selat Malaka, yaitu Sungai Silau dan Sungai Asahan. Lokasi pertemuan kedua sungai ini berada di timur laut Kota Tanjung Balai.

Kota Tanjung Balai memiliki sebuah pelabuhan bernama Pelabuhan Teluk Nibung. Lokasinya berada di Kecamatan Teluk Nibung.

Pelabuhan Teluk Nibung merupakan pelabuhan tertua kedua di provinsi Sumatera Utara sesudah Pelabuhan Belawan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat