bdadinfo.com

Tancap Gas 2025! Provinsi Riau Segera Bangun Jembatan Terpanjang Rela Gelontorkan Rp70 M Ada Kendala, Kenapa Lagi? - News

Jembatan Simpang Panam, Riau  (Eky Irdean )

Tancap Gas 2025! Provinsi Riau Segera Bangun Jembatan Terpanjang Rela Gelontorkan Rp70 M Ada Kendala, Kenapa Lagi? 

- Pengerjaan konstruksi di Pulau Sumatera termasuk di Provinsi Riau masih belum dapat selesai dikerjakan karena adanya kendala. 

Kendala tersebut yang merupakan belum adanya kepastian terkait perihal pembebasan lahan yang dialokasikan dalam APBD Riau tahun 2023 lebih kurang Rp10 Miliar. 

Sehingga di tahun 2024-2025 mendatang tiba pelaksanaan pengerjaan pembangunan Jembatan Simpang Panam yang dapat dilakukan.

Baca Juga: Sulawesi Tenggara Segera Bangun Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara Senilai Rp15 Triliun, Kapan Beroperasi Penuh?

"Jadi flyover yang akan dibangun satu arah, dari Pekanbaru ke arah Bangkinang, karena arus lalu lintas arah sana cukup tinggi,"

"Sehingga pada waktu tertentu sering terjadi kecamatan panjang," ujar Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto.

Pembangunan Jembatan Simpang Panam bertujuan untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait kemacetan parah yang sering terjadi di persimpangan tersebut.

Baca Juga: Pantas Tersendat-sendat! Sumatera Barat dan Riau Ternyata Sarang Mafia Tanah yang Berkeliaran Menggerogoti Pembangunan Proyek Jalan Tol

Selain itu kemacetan juga disebabkan pengendara saling trobos yang mengakibat sering terjadi kemacetan panjang walaupun telah dilengkapi rambu lalu lintas. 

Khususnya, pembebasan lahan Pemprov Riau tahun ini hanya menyiapkan anggaran sebesar Rp5,3 miliar dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau 2023.

"Flyover Simpang Empat Garuda Sakti, DED yang diminta Kementerian PUPR untuk elevasi sekitar 400 meter ke sisi Panam,"

Baca Juga: Prabowo-Gibran Dulang Suara 57 Persen di Jawa Barat, Ridwan Kamil Titip Pembangunan hingga Tawaran Jabatan Menteri

"Namun kita minta kalau bisa panjangannya sekitar 250 meter," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau, M Arief Setiawan pada 10 September 2023. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat