bdadinfo.com

Sulawesi Tenggara Segera Bangun Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara Senilai Rp15 Triliun, Kapan Beroperasi Penuh? - News

Jembatan Terpanjang, Sultra (Eky Irdean )

- Pengerjaan pembangunan strategis nasional (PSN) diluar wilayah Pulau Sumatera masih terus di kebut hingga saat ini pada 2024 tiba. 

Diketahui bahwa pembangunan infrastruktur diluar wilayah Pulau Sumatera ini dinamakan "Jembatan Pulau Buton - Muna" nantinya yang digadang-gadang bakal jadi Jembatan yang megah dan terpanjang. 

Jembatan Pulau Buton - Muna merupakan mega proyek terbaru dan terbesar dari Sulawesi Tenggara yang berlokasi di Provinsi Sulawesi Tenggara, kabupaten Konawe. 

Baca Juga: Pantas Tersendat-sendat! Sumatera Barat dan Riau Ternyata Sarang Mafia Tanah yang Berkeliaran Menggerogoti Pembangunan Proyek Jalan Tol

Keterangan resmi dari pihak Provinsi Sulawesi Tenggara terkait tujuan dari dibangunnya Jembatan ini sebagai penghubung Pulau Buton dan Pulau Muna.

Sehingga, Pemerintah setempat juga memiliki rencana bakal membangun jembatan penghubung Pulau Muna dan daratan Kabupaten Konawe Selatan.

Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga, Yudha Handita Pandjirawan mengatakan bahwa Jembatan Buton – Muna yang rencananya akan direntangkan. 

Baca Juga: Ingin Berkontribusi dalam Mengawal Penghitungan Suara Lewat Kawal Pemilu 2024? Ini Dia Caranya

Merentang sepanjang di atas selat Baruta – Kolagana yangdibangun di atas lahan seluas 70 hektar yang dibagi masing-masing 35 hektare di Pulau Buton dan Muna.

Percepatan dalam pelaksanaan pembangunan Jembatan Buton – Muna untuk memajukan kegiatan perekonomian dan mendukung konektivitas antarwilayah. 

Sebelum rencana pembangunan Jembatan Buton - Muna telah dikerjakan berbagai kajian seperti aspek finansial, hukum, kelembagaan, dan manajemen risiko sesuai dengan regulasi yang ada.

Baca Juga: Waduh! Postingan Instagram Influencer Ini Kena Blokir Gegara Bedah Iklan Produk Aqua yang Diduga Terafiliasi Israel

Usut punya usut, ternyata skema pembiayaan dalam pembangunan Jembatan Pulau Buton – Muna yang akan dibangun di lahan 70 Hektare dengan menggunakan anggaran investasi sebesar Rp15 Triliun dengan estimasi pembangunan 4 tahun. 

Menurut keterangan dari Yudha, Jembatan Buton - Muna telah direncanakan sejak tahun 2020 - 2021 namun Kementerian PUPR telah menyelesaikan desainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat