bdadinfo.com

Terungkap! ini Lokasi Proyek Paket 2 dan 3 Jalan Tol Payakumbuh-Pangkalan: Terowongan Megah Siap Dibangun di Tahun 2024?  - News

Ilustrasi Jalan Tol Payakumbuh-Pangakalan di Suamtera Barat. Jalan tol ini direncanakan akan dibangun salah satu terowongan termegah yang ada di Indonesia. (Instagram: pupr_bpjt)

- Kabar terkait pembangunan proyek jalan tol lanjutan di Provinsi Sumatera Barat kembali hadir di awal tahun 2024 ini.

Adapun proyek infrastruktur jalan tol yang kembali mencuat di awal tahun 2024 ini adalah pembangunan proyek Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan.

Sebagaimana diketahui, Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan ini direncanakan akan dibangun dalam 3 (tiga) paket pembangunan. 

Baca Juga: Horee! Tol Terbaru Makassar ini Lulus Uji Laik Fungsi, Siap Koneksikan 2 Titik Penting di Sulawesi Selatan: Langsung Beroperasi? 

Sebelumnya, paket 1 (satu) dari Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan ini sempat dikabarkan mengalami penolakan pembangunan oleh sejumlah kelompok masyarakat.

Teruntuk paket 2 (dua) dan 3 (tiga) dari Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan ini sendiri tidak mengalami penolakan dari pihak mana pun.

Mengenai dua paket yang tidak mengalami permasalahan, panjang Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan paket 2 (dua) dan paket 3 (tiga) sekitar 33 kilometer.

Baca Juga: Asyik! Jalan Tol Lanjutan di Sumatera Barat Siap Dilanjutkan, Sejumlah Wali Nagari Ikut Bahas Tol Payakumbuh-Pangkalan

Badan jalan akan membentang meliputi Kecamatan Harau hingga Kecamatan Pangkalan. Komponen proyek paket 2 (dua) sekitar 13,8 kilometer yang merupakan bagian terowongan

Kemudian paket 3 (tiga) sekitar 19,5 kilometer yang terdiri dari bagian jembatan. Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan ini menjadi jalan tol dengan terowongan yang paling ditunggu di Sumatera Barat.

Struktur jalan pada terowongan yang direncanakan akan memiliki lebar 7,2 meter dengan dua jalur satu arah.

Baca Juga: Gelar Pertemuan Lanjutan, Jalan Tol Payakumbuh-Pangkalan di Sumatera Barat Mulai Masuk Tahap Serius: Konstruksi Proyek di Tahun 2024?

Melansir dari kanal YouTube Pandawa Bukit Aneh, berdasarkan pemaparan awal Japan International Cooperation Agency (JICA) rencana lokasi yang akan dilewati jalan tol setidaknya akan melewati Jorong Ketinggian, Jorong Buluah Kasok.

Pintu keluar Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan dimungkinkan akan berada di Jorong Ketinggian persisnya dekat pusat oleh-oleh keripik sanjai sederhana di Jorong ketinggian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat