bdadinfo.com

Deretan 5 Fakta yang Membuat Nama Sumatera Barat Harum dan Tersohor di Dunia Internasional: Cuma Sumbar yang Punya ini!  - News

Ilustrasi keindahan alam yang dimiliki oleh Sumatera Barat. Kekayaan adat, budaya dan alam yang luar biasa membuat nama Sumatera Barat harum dan tersohor di dunia Internasional. (Instagram: padangdestination)

- Sumatera Barat dikenal sebagai salah satu daerah dengan adat dan budaya yang sangat kental dan kondisi alam yang luar biasa indah.

Karena kekayaan budaya dan keadaan alamnya ini lah Sumatera Barat sangat tersohor namanya bahkan sampai ke dunia internasional.

Setidaknya ada beberapa fakta yang sudah lama diketahui dan diakui oleh banyak pihak yang mana hal tersebut membuat nama Sumatera Barat harum di dunia internasional.

Baca Juga: Waduh! Proyek Jalan Tol Penghubung Sumatera Utara-Aceh ini Konstruksinya Masih 0 Persen di Tahun 2024: Pemerintah Kehabisan Bensin?

Berikut 5 (lima) fakta yang membuat nama Sumatera Barat begitu terkenal di dunia internasional.  

  1. Tempat surfing terbaik di dunia

Kabupaten Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat ini terkenal sebagai salah satu lokasi surfing terbaik di dunia sejak tahun 1993. 

Kepulauan Mentawai ini sedikitnya dikunjungi 4.000 peselancar asing setiap tahunnya pada musim ombak yakni mulai bulan Maret hingga September. 

Baca Juga: Murah Banget! Palembang-Prabumulih Lewat Tol JTTS Cuma Perlu Bayar Segini: 45 Menit Sudah Sampai dan Tidak Mahal 

Daerah Mentawai ini memiliki 72 Spot ombak surfing yang menjadi favorit peselancar dunia dari berbagai negara seperti Australia, Selandia Baru, Jepang, Amerika Serikat, Afrika Selatan dan Amerika Latin. 

  1. Makanan terenak di dunia 

Rendang, kuliner asli dari Sumatera Barat ini tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang.

Pada tahun 2017 CNN travel menyatakan, bahwa kuliner dari Minangkabau ini menempati posisi pertama sebagai makanan terenak di dunia. 

Baca Juga: Resmi Bertarif! Setelah 5 Bulan Gratis, Jalan Tol Rangkaian JTTS Sepanjang 64 Km di Sumatera Selatan Ini Berbayar Mulai Hari ini

  1. Masyarakat matrilineal terbesar di dunia

Matrilineal adalah sebuah sistem kekerabatan di mana alur keturunan diatur berdasarkan pihak ibu. 

Masyarakat Minangkabau tercatat sebagai masyarakat matrilineal terbesar di dunia, hal itu didasari perempuan dengan pewaris harta pusaka keluarga. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat