bdadinfo.com

Dicoret dari PSN! Proyek Jalan Tol Prabumulih Muara Enim Menelan Nasib Sial Deviasi Sampai Minus 91%, Sedangkan Tol Indralaya Prabumulih Mengaspal - News

Proyek jalan tol Prabumulih Muara Enim kondisinya bisa dikatakan sangatlah tragis, capaian progres realisasi konstruksi hanya 8,69 dan mengalami deviasi hingga -91,31%. Adapun jadwal pengoperasian yang semula ditargetkan akhir Desember 2023 ditangguhkan hingga 2024.

 - Provinsi Sumatera Selatan, harus menelan pil pahit setelah mengetahui proyek pembangunan jalan tol yang sangat dinantikan akhirnya ditunda dan dihapus dari program Proyek Strategis Nasional (PSN) oleh pemerintah pusat.

Keputusan tersebut disampaikan oleh Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam pengumuman resmi pada Oktober 2023 lalu.

Proyek Jalan Tol Indralaya Muara Enim adalah jalan tol bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra yang menghubungkan Indralaya dengan Muara Enim.

Baca Juga: Disokong Dana Rp1,72 Triliun, Bendungan di NTB Ini Bisa Bikin Petani Auto Senyum Karena Panen Bertambah Jadi 2 Kali Lipat

Jalan Tol Indralaya Muara Enim ini merupakan lanjutan dari tol Palembang-Indralaya yang menuju Bengkulu.

Jalan Tol Indralaya Prabumulih mulai dikerjakan sejak Juli 2019, dan memiliki main road sepanjang 65 km.

Jalan Tol Idralaya Muara Enim yang dikerjakan oleh PT Hutama Karya memiliki dua sesi dengan jumlah bentang panjang 119 Km.

Sesi 1, Simpang Indra laya-Prabumulih dengan bentang panjang 65 Km. Adapun target pengoperasian pada desember 2022.

Sementara sesi 2, Prabumulih-Muara Enim memiliki bentang panjang 54 Km yang direncanakan akan beroperasi Desember 2023.

Baca Juga: Orang Sumbar Dapat Hadiah Terbesar Sebuah Jalan Tol Tahun Ini, Jalan Tol Super Megah di Padang Siap Rampung Berkat Perjuangan Gubernur Sumbar

Proyek ini diketahui menelan nilai investasi sebesar Rp 24,11 Triliun dengan biaya konstruksi Rp 15,68 Triliun.

Pembangunan infrastruktur jalan tol menjadi sorotan utama pemerintah di tahun 2024 ini, dengan sejumlah proyek yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Salah satu yang menarik perhatian adalah pembangunan jalan tol di Pulau Sumatera, yang merupakan bagian dari proyek besar Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Namun, kabar kurang menyenangkan datang dari Provinsi Sumatera Selatan. Sebuah daerah di provinsi ini, Muara Enim, harus menelan pil pahit karena proyek jalan tol yang direncanakan untuk melintasinya akhirnya dibatalkan.

Sebelumnya, Muara Enim dijadwalkan menjadi salah satu daerah yang akan dilewati oleh ruas jalan tol rangkaian JTTS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat