bdadinfo.com

Ratusan Warga Mendadak Jadi Miliader di Garut, Ada 8 Delapan Desa yang Sudah Terima Uang Ganti Rugi Korban Penggusuran Proyek Jalan Tol Getaci - News

Pembangunan jalan Tol Getaci masih dalam tahap pembebasan lahan wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jalan tol itu agar secepatnya selesai agar masyarakat bisa menikmati infrastruktur yang dapat mempercepat mobilisasi orang dari Garut ke Bandung, dan daerah lainnya maupun sebaliknya.

- Pembangun proyek Jalan Tol GedebageTasikmalayaCilacap atau jalan tol Getaci adalah jalan tol di Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah yang memiliki rute dari Gedebage (Kota Bandung), melalui Kabupaten Bandung, Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, Pangandaran, berakhir di Cilacap.

Ruas jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa bagian selatan, menghubungkan Bandung dengan Surabaya. Nilai investasi pembangunannya mencapai Rp 56,2 triliun.

Dengan panjang 206,65 km yang melintasi wilayah Provinsi Jawa Barat (169,09 km) dan wilayah Provinsi Jawa Tengah (37,56 km).

Baca Juga: PT Brantas Abipraya Membuka Lowongan Management Trainee Bagi Lulusan S1 dari Segala Jurusan, Berikut Syarat dan Cara Daftarnya!

Ketika dioperasikan ruas jalan tol ini menjadi ruas jalan tol terpanjang pertama di Indonesia sebelum Jalan Tol Padang–Pekanbaru (254,8 km) mulai beroperasi penuh. 

Serta berperan penting dalam memecahkan masalah kemacetan lalu lintas dari Gedebage (Kota Bandung) hingga Cilacap, karena ditargetkan mampu menampung 10.800 kendaraan perhari.

Pembangunan jalan tol Getaci bertujuan untuk menghubungkan daerah Provinsi Jawa Barat dengan daerah Provinsi Jawa Tengah, mendukung sektor pariwisata di kedua daerah.

Jalan tol Getaci juga mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan konektivitas antar-wilayah sebagai jalur logistik (akses pelabuhan dan bandara).

Baca Juga: Kementerian PUPR Tengah Membangun Bendungan di Sulawasi Barat Bernilai Rp1 Triliun, Masyarakat Mamuju Tengah Siap Sejahtera!

Serta bermanfaat untuk memberikan efisiensi melalui penghematan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan nilai waktu tempuh.

jalan tol Getaci ini dioperasikan secara bertahap, Tahap 1 yaitu ruas Gedebage–Tasikmalaya sepanjang 95,52 km sejatinya beroperasi tahun 2024 dan Tahap 2 yaitu ruas Tasikmalaya–Cilacap sepanjang 111,13 km beroperasi tahun 2029.

Sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagaimana diamanatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020–2024.

Renstra Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, proyek jalan tol Getaci merupakan salah satu prioritas karena tercantum dalam perubahan terakhir peraturan PSN yaitu Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Baca Juga: Sekilas Info Jalan Tol dan Jembatan Menuju IKN hingga Seksi 1 Rampung Juli 2024, Kemajuan Signifikan dengan Anggaran Rp306 Miliar

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat