bdadinfo.com

Kabar Gembira Bagi Para Fresh Graduate! Pemerintah Akan Membuka Lowongan Hingga 225 Ribu Formasi CPNS di IKN Untuk Lulusan Baru - News

Pemerintah membuka ratusan ribu lowongan CPNS di IKN (IKN)

- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyiapkan 225 ribu lowongan CPNS untuk lulusan baru atau fresh graduate.

Nantinya, 225 ribu CPNS yang akan diterima tersebut akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini disampaikan oleh Menteri PANRB, Abdulla Azwar Ansas dikutip dari katadata.co.id pada Selasa, 27 Februari 2024.

Baca Juga: Bupati Bertangan Dingin Ini Bersama Rakyatnya Siap Berkerja Sama dengan Penjajah Jepang Membangun Jalan Tol Baru yang Spektakuler di Asia Tenggara

"Jadi kurang lebih 225.000 totalnya untuk 'fresh graduate' di pemerintah pusat. Ini peruntukannya adalah di IKN," ujar Azwar.

Azwar menjelaskan, calon ASN nantinya sudah mengetahui bahwa formasi untuk pemerintah pusat akan berkantor di IKN, Kalimantan Timur sejak diumumkan dalam CASN.

ASN yang diterima akan langsung pindah ke IKN pada tahun depan ataupun tiga tahun lagi.

Baca Juga: Akses Makin Lancar Jaya! Jembatan Pulau Balang Bakal Punya Duplikasi demi Hubungkan IKN-Balikpapan, Rampung Agustus 2024

"Dari sekarang sejak diumumkan dia sudah untuk IKN, sehingga suatu saat apakah tahun depan, dua tahun lagi, tiga tahun lagi mereka pindah ke IKN, mereka mestinya langsung pindah," kata Azwar.

Presiden Joko Widodo sebelumnya meminta agar rencana pemindahan ASN ke IKN pada tahun ini disiapkan secara komprehensif.

Terdapat ada 6000 ASN lintas kementerian/lembaga, termasuk TNI dan Polri yang sudah siap pindah.

Baca Juga: Hasil Sementara Penghitangan Suara KPU Per 27 Februari 2024: PDIP Memimpin Tipis Dalam Pemilu 2024, Diikuti Golkar dan Gerindra

Kementerian PANRB juga sudah menentukan eselon 1 dan 2 di masing-masing kementerian yang siap pindah.

Ia mengatakan, pemindahan ASN dilakukan sebelum Oktober 2024, berbeda dengan rencana awal pada Juli 2024 atau sebelum Upacara HUT Kemerdekaan ke-79 dilakukan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat