bdadinfo.com

Rencana Strategis TNI Terkait Pembentukan Markas di IKN - News

Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subianto, memaparkan rencana pembentukan pangkalan udara (Lanud) TNI AU, Pasukan Marinir (Pasmar) TNI AL, Komando Daerah Militer (Kodam) khusus, serta dua batalyon baru TNI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

- Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subianto, memaparkan rencana pembentukan pangkalan udara (Lanud) TNI AU, Pasukan Marinir (Pasmar) TNI AL, Komando Daerah Militer (Kodam) khusus, serta dua batalyon baru TNI di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Dalam rapat pimpinan rapim TNI Polri tahun 2024 di Markas Besar Mabes TNI Cilangkap Jakarta pada hari Rabu, Agus menjelaskan bahwa pembentukan markas-markas baru TNI dari tiga matra tersebut.

Ini dilakukan terkait dengan tata kelola organisasi TNI secara keseluruhan, seiring dengan pemindahan ibu kota negara Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan.

Baca Juga: Proyek Infrastruktur Berskala Besar di Indonesia Segera Dikebut Setelah Pemilu 2024

“TNI terus berupaya menyempurnakan organisasi guna menjawab dinamika tantangan tugas kedepan termang unan sistem pertahanan terpadu di IKN .” kata Agus dalam rapim tersebut.

Panglima TNI berusaha menyusun organisasi guna menjawab dinamika tantangan tugas ke depan, terutama mengenai sistem pertahanan terpadu di IKN. 

Seperti yang dikutip dari YouTube Pers Lokal, dalam rapim tersebut, Agus Subianto juga membeberkan rencana mengubah struktur organisasi di tiga matra TNI. 

Baca Juga: Siap-Siap! Tarif Tol Jakarta -Cikampek dan MBZ Segera Naik, Berikut Daftarnya

Pertama, di lingkungan TNI Angkatan Darat, Agus berencana menggelar total 37 Kodam, di mana 15 di antaranya akan diperkuat oleh komando resor militer (Korem), sementara 22 lainnya tidak.

Kemudian, di lingkungan TNI Angkatan Laut, Agus berencana meningkatkan status Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) menjadi Komando Operasi Utama (Kotama Operasi) dan Pembinaan dengan nomenklatur Kodamar (Komando Daerah Maritim) kelas A, jumlah 8 Lantamal dan 6 Lantamal menjadi Kodamar kelas B. 

Selanjutnya, di lingkungan TNI Angkatan Udara, dia juga akan meningkatkan status Pangkalan Udara (Lanud) tipe A dan dua Lanud tipe B, serta akan dilakukan pembentukan Pangkalan Udara tipe C dan skadron-skadron baru.

Semua rencana tersebut selaras dengan visi TNI yang prima dalam hal ini, yaitu well organized dan tata kelola organisasi yang baik. 

Agus sangat mengharapkan dukungan dari Presiden Joko Widodo dalam rangka mewujudkan rencana tersebut. 

Rapim TNI Polri tahun 2024 di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap Jakarta, dibuka oleh Presiden Jokowi yang juga memberikan arahan-arahan kepada jajaran pimpinan TNI dan Polri. 

Di akhir acara, Presiden Jokowi memberikan penghargaan kenaikan pangkat istimewa kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang menerima kenaikan pangkat istimewa dari purnawirawan Jenderal bintang 3 menjadi jenderal kehormatan bintang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat