bdadinfo.com

Viral! Mengenal Kepiting Tapal Kuda yang Berdarah Biru: Punya Peran Penting pada Covid-19 dan Ekosistem di Sekitarnya - News

Mengenal Kepiting Tapal Kuda yang berdarah biru: Punya peran penting pada Covid-19 dan ekosistem di sekitarnya (Twitter @TMIHARINI)

Viralnya Kepiting Tapal Kuda di media sosial membuat warganet penasaran, pasalnya hewan purba satu ini memiliki warna darah yang tak lazim seperti hewan pada umumnya, yaitu biru.

Kepiting Tapal Kuda menjadi viral saat salah satu unggahan dari postingan akun @convomfs di media sosial X menuliskan informasi hewan tersebut dengan caption:

“Pengetahuan yang baru sender dapet dan bisa dishare. Dia namanya Kepiting Tapal Kuda. Dia hewan purba dan udah ada sejak lebih dari 400jt tahun lalu. Warna darah dia biru,” tulis akun @convomfs, sebagaimana dikutip dalam cuitan akunnya pada 2 Maret 2024.

Baca Juga: Fantastis! 2 Bendungan Bernilai Rp9,2 Triliun Segera Dibangun, Bendungan Cibeet dan Bendungan Cijeruy Atasi Banjir Sungai Citarum

Umur Kepiting Tapal Kuda sendiri diketahui lebih tua dari dinosaurus, di mana keberadaannya telah ada selama 450 juta tahun lamanya.

Darah berwarna biru cerah yang dimiliki Kepiting Tapal Kuda rupanya mengandung sel kekebalan penting yang sangat sensitif terhadap bakteri beracun.

Alhasil, saat sel kekebalan tersebut bertemu dengan bakteri yang ingin menyerang, maka sel tadi akan menggumpal di sekitarnya untuk melindungi seluruh tubuh hewan ini dari serangan racun.

Baca Juga: Nggak Tanggung-tanggung! Pemerintah Gelontorkan Dana Rp9,2 Triliun Demi Bangun Bendungan untuk Atasi Banjir di Bekasi dan Karawang

Menariknya, para ilmuwan menggunakan sel darah pintar ini untuk mengembangkan sebuah tes yang bernama Limulus Amebosit Lisat (LAL).

Tes ini akan memeriksa kontaminasi pada vaksin baru dan teknik ini pun sudah dipakai seluruh dunia sejak tahun 70-an.

Adapun, dengan tujuan untuk menghentikan para profesional medis dalam memberikan suntikan penuh berisi bakteri jahat yang mengakibatkan manusia sakit parah.

Baca Juga: Pabrik Jagung Milik Pemprov Sumbar Kini Mampu Produksi Hingga 50 Ton per Hari Berkat Listrik PLN

Hal ini tentu baik bagi manusia, karena vaksin akan mencegahnya dari segala macam penyakit, namun tidak untuk Kepiting Tapal Kuda.

Bagi hewan ini, hal tersebut tidak terlalu baik, karena ironinya ribuan dari mereka akan dikumpulkan dan darahnya akan dikeluarkan pada setiap tahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat