bdadinfo.com

Jelang Hari Puasa Ramadhan, Tradisi 'Balimau' Terunik di Salah Satu Kabupaten Sumatera Barat, Sediakan 12.700 Kuliner Gratis, Coba Tebak? - News

Tradisi dan Event Balimau, Sumbar (Infopublik.com)

- Tidak terasa 2 hari lagi jelang hari puasa Ramadhan akan menyambut seluruh muslim di berbagai negara dan Nusantara. 

Dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan, umat islam banyak melakukan sekali yang harus dipersiapkan.  

Selain itu di berbagai daerah juga melakukan tradisi untuk menyambut bulan suci ini. Salah satunya tradisi balimau di Sumatera Barat.

Baca Juga: Garapan Peluang Hutama Karya, Konstruksi Pembangunan Proyek KPBU Segera Dibangun Jalan Trans Jayapura di Papua Bakal Jadi Terpanjang di Indonesia!

Balimau merupakan tradisi mandi dengan mengunakan limau atau jeruk nipis dan tradisi ini biasanya yang dilakukan seminggu atau sehari menjelang Bulan Ramadhan. 

Diketahui dalam pelaksanaannya orang orang akan pergi ke tempat pemandian umum atau tempat pemandian alam.

Berkunjung ke tempat pemandian alam untuk mandi bersama menggunakan bunga dan wewangian alami yang berlokasi di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. 

Baca Juga: Keren Jadi Penopang Kemajuan 2 Pariwisata Terkenal, Sumatera Barat Rela Bangun 1 Ruas Baru Jalan Tol Sirip Terpanjang Ini, Resmi April 2024!

Balimau sudah menjadi simbol atau tanda menyucikan dan membersihkan diri sebelum memasuki bulan suci ramadhan 1445 Hijriyah atau 2024

Setiap daerah di sumatera barat memiliki penamaan yang berbeda beda untuk tradisi ini, namun demikian arti dan kandungannya tetap sama.

Tradisi Balimau yang sangat dihormati oleh masyarakat sumatera barat dan memiliki nilai yang berarti dalam menyambut bulan suci.

Baca Juga: Jawa Timur Beri Hadiah Terbaik Sebanyak 20 Ruas Jalan Daerah Jadi Mulus Kembali, Beruntung Kabupaten Ini

Ritual ini telah menunjukkan dedikasi mereka dalam mempersiapkan diri memasuki bulan ramadhan atau hari syaban. 

Namun, setiap tahun sebelum menyambut bulan suci Ramadhan yang diketahui oleh masyarakat Kabupaten Solok Selatan yakni melaksanakan kegiatan unik. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat