bdadinfo.com

PT Gudang Garam Stress Berat! Proyeknya Terancam Mangkrak! Warga Kelurahan Gayam Kompak Tolak Ganti Rugi Tanahnya Digusur Jalan Tol Kediri-Tulungagung - News

Jalan Tol Kediri-Tulungagung akan membentang sepanjang 44,52 Km dengan estimasi nilai investasi mencapai Rp 10,256 Triliun untuk 50 tahun masa konsesi.

- Pembangunan proyek Jalan Tol Kediri-Tulungagung terletak di wilayah administrasi Provinsi Jawa Timur yang menghubungkan Kota Kediri dan Kabupaten Kediri dengan Kabupaten Tulungagung.

Proyek Jalan Tol Kediri-Tulungagung merupakan proyek KPBU atas prakarsa dari PT Gudang Garam.

Proyek ini tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 80 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gresik - Bangkalan - Mojokerto - Surabaya - Sidoarjo - Lamongan, Kawasan Bromo - Tengger - Semeru, serta kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

Baca Juga: Hore! April 2024 Rampung, Perjalanan ke Sumatera Barat akan Semakin Cepat dan Indah Via Jalan tol Bangkinang-Tanjung Alai

Proyek Jalan Tol Kediri-Tulungagung ini merupakan lanjutan dari Jalan Tol Kertosono - Kediri yang akan melintasi kawasan Bandara Dhoho di Banyakan, Kabupaten Kediri.

Yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Timur bagian selatan serta menjadi akses jalan menuju Bandara Kediri.

Jalan Tol Kediri-Tulungagung akan membentang sepanjang 44,52 Km dengan estimasi nilai investasi mencapai Rp 10,256 Triliun untuk 50 tahun masa konsesi.

Adapun lingkup proyek yakni melakukan pendanaan pembebasan tanah, perencanaan teknis, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian, dan pemeliharaan untuk keseluruhan ruas jalan.

Pemerintah segera membangun jalan tol Kediri - Tulungagung yang memiliki total panjang 44,17 Km.

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol, Perjanjian Regres dan Perjanjian Penjaminan untuk pembangunan Jalan Tol Kediri–Tulungagung.

Baca Juga: Bandara Baru Senilai Rp4,5 Triliun Dibangun di Kalimantan Barat, Optimis Rampung April 2024

yang disaksikan langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono di Gedung Audiotorium Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (27/02/24).

Penandatanganan perjanjian ini antara Badan Pengatur Jalan Tol dengan PT. Surya Sapta Agung Tol, dihadiri oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono, Sekretaris Jenderal PUPR Mohammad Zainal Fatah, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, Gubernur Jawa Timur yang diwakili oleh Sekretaris Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur beserta stakeholder lainnya.

Menteri PUPR Basuki mengucapkan terimakasih kepada PT. Gudang Garam Tbk melalui PT. Surya Sapta Agung Tol yang telah merencanakan untuk membangun jalan tol Kediri-Tulungagung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat