bdadinfo.com

Jelang Lebaran, Jalanan di Sumatera Utara Mulus Berkat Inpres Jalan Daerah Senilai Rp868 Miliar, Mudik Dijamin Lancar! - News

Jalan di Sumatera Utara mulus berkat Inpres Jalan Daerah (Freepik)

- Jelang lebaran, pemerintah pusat dan daerah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas di berbagai wilayah.

Salah satu hal yang telah berhasil dilakukan oleh pihak pemerintah adalah dengan menyelesaikan proyek pembangunan infrastruktur jalan, baik jalan tol hingga jalan non provinsi.

Terkait hal tersebut, baru-baru ini tepatnya pada Kamis, 14 Maret 2024 lalu Presiden Jokowi telah meresmikan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Sumatra Utara.

Baca Juga: Puasa Ampuh sebagai Detoksifikasi Alami, 5 Organ Tubuh Ini Ternyata Ikut Bersihkan Diri dari Racun

Jokowi diketahui mengunjungi Kota Tanjungbalai merupakan sebuah inisiatif pemerintah dalam mempercepat proses peningkatan konektivitas dan aksesibilitas di Sumatera.

Inpres Jalan Daerah (IJD) difokuskan pada perbaikan dan konstruksi jalan yang tersebar di 18 kabupaten dan kota dengan total panjang lintasan 209 km.

Konstruksi jalan dengan total panjang 209 km tersebut terdiri dari 30 ruas jalan dan telah menyedot dana mencapai Rp868 miliar yang telah dianggarkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sejak tahun 2023.

Baca Juga: Kalimantan Selatan Makin Bertaring! Segera Beroperasi Jembatan Terbaru Lagi Bakal Hubungkan 2 Kabupaten Bukan Kecamatan, Disini Lokasinya...

Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam memberikan sambutannya pada acara peresmian IJD beberapa waktu lalu.

"Tahun 2023 di Provinsi Sumatra Utara telah dianggarkan Rp868 miliar untuk pembangunan jalan sepanjang 209 kilometer untuk 30 ruas jalan di 18 kabupaten dan kota,” ujar Jokowi.

Anggaran yang sangat besar tersebut digunakan untuk memperbaiki jalan non nasional yang telah rusak di wilayah Sumatera.

Baca Juga: Sedikit Berubah, Jalur One Way akan Diterapkan Kembali di Sumbar Tahun 2024,Catat Rutenya

Selain itu, dengan perbaikan jalan di kota dan kabupaten dapat meningkatkan akses ke daerah yang sulit dijangkau sebelumnya.

Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitarnya pun akan meningkat berkat kemantapan jalan daerah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat