bdadinfo.com

Kabar Gembira Bagi Para Pemudik! Jalan Tol Japek II Akan Siap Beroperasi Pada Momen Mudik Lebaran 2024 Mendatang - News

Tol Japek Siap Beroperasi Lebaran 2024 (pu.go.id)

- Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT bersama BUJT PT Jasamarga Japek Selatan sedang mempercepat pembangunan Tol Jakarta – Cikampek atau Tol Japek II Selatan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Ruas jalan tol Japek II ini diharapkan dapat mulai beroperasi saat mudik Lebaran 2024 mendatang.

Menurut Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga, Triono Junoasmono alias Yongki, pembangunan tol Japek II dengan biaya konstruksi Rp 4,15 triliun ini terbagi menjadi tiga paket pengerjaan.

Baca Juga: Purworejo Punya Bendungan Berkapasitas Jumbo yang Bakal Rampung Akhir Tahun, Investasinya Capai Rp2,06 Triliun

Paket 1 meliputi ruas Jati Asih Setu sepanjang 7,25 km, Paket 2A meliputi ruas Setu - Sukaragam sepanjang 23,50 km, dan Paket 3 meliputi ruas Sukabungah - Sadang sepanjang 31,25 km.

Saat ini, pengerjaan Paket 1 masih menunggu kesiapan lahan. Konstruksi Paket 2A mencapai 10,36%, sementara Paket 2B mencapai 17,06%, dan konstruksi Paket 3 telah mencapai 86,06%.

"Japek II Selatan ini merupakan jalan tol alternatif karena Jalan Tol Cikampek sangat padat sehingga diharapkan kepadatannya dapat terurai dan terdistribusikan,

Baca Juga: Suplai Air Baku Untuk 3 Kabupaten, Bendungan dengan Daya Tampung 92 Juta Meter Kubik Ini Rampung Akhir Tahun 2024

Nantinya masyarakat bisa memilih lewat utara (Cikampek) atau selatan (Japek II)," ujar Yongki dalam rapat kerja dengan DPR pada Jumat, 15 Maret 2024, seperti dilansir dari situs PUPR.

Japek II Selatan akan menghubungkan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta di Jati Asih, Bekasi dengan Jalan Tol Purbaleunyi di Sadang, Purwakarta. BPTJ berencana mengoperasikan secara fungsional ruas Sukabungah - Sadang saat mudik Lebaran.

Rute yang dioperasionalkan terbatas ini akan mencakup Sadang - Kutanegara sepanjang 8,5 km.

Baca Juga: Perayaan Keagamaan dan Bagaimana Merayakannya, Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 142 143 Subtema 3

Rute ini nantinya dapat dibuka situasional untuk kendaraan golongan 1 (non bus) arah Jakarta pada saat arus lalu lintas satu arah dari Karawang Barat menuju Cirebon atau Bandung.

Ruas jalan tol sepanjang 8,5 km ini juga mempertimbangkan keselamatan pengguna jalan karena kondisi jalan dan jembatan ada yang masih dalam proses konstruksi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat