bdadinfo.com

Restu Bupati Mendarat! Salah Satu Daerah Paling Tua Berusia Ribuan Tahun di Jawa Timur Ini Resmi Ganti Nama Jaraknya 72 km dari Kota Blitar - News

Kabupaten Berbek bersama-sama dengan Kadipaten Pace dan Kadipaten Nganjuk tercatat pernah menjadi bawahan dari Nagari Kasunanan Surakarta Hadiningrat sebagai wilayah mancanagara brang wetan setelah adanya Perjanjian Giyanti pada tahun 1755.

Berbek adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Berbek merupakan cikal bakal Kabupaten Nganjuk modern. Ibu kota kabupaten berpindah ke Nganjuk saat Stasiun Nganjuk selesai dibangun.

Secara Umum mata pencaharian masyarakat Berbek adalah bertani, berdagang dan sektor lainnya.

Baca Juga: Artis Donny Kesuma Meninggal Dunia: Dunia Hiburan Berduka

Mayoritas masyarakat Berbek berprofesi sebagai petani, pedagang, dan pegawai Roda perekonomian Berbek didukung dengan adanya pasar tradisional,

Seperti Pasar Kliwon Berbek, serta Pasar Hewan Kliwon Berbek yang terletak di ibukota kecamatan, serta pasar-pasar desa, seperti Pasar Pengkol, Desa Sumberurip.

Kadipaten Berbek bersama-sama dengan Kadipaten Pace dan Kadipaten Nganjuk tercatat pernah menjadi bawahan dari Nagari Kasunanan Surakarta Hadiningrat sebagai wilayah mancanagara brang wetan setelah adanya Perjanjian Giyanti pada tahun 1755.

Pada tahun 1812, menurut arsip Keraton Yogyakarta dan beberapa catatan lain yang telah diteliti, wilayah Kadipaten Berbek (diperkirakan juga meliputi Kadipaten Godean/Pace).

Baca Juga: Briket Pengganti BBM, Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 138 139 Subtema 3 Pembelajaran 5 Kurikulum 2013

Telah masuk ke dalam wilayah mancanagara brang wetan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Pada arsip dan catatan yang dimaksud disebutkan bahwa telah dilantik seorang Adipati Berbek yang bernama Kanjeng Raden Tumenggung Sasrakusuma.

Yang oleh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Nganjuk modern dikenal dengan sebutan "Kanjeng Jimat" sebagai "Adipati pertama Berbek".

Rupanya anggapan bahwa KRT. Sasrakusuma merupakan adipati "pertama" tersebut mengacu pada catatan di atas, yang secara logis dapat dianggap bahwa beliau memanglah adipati pertama Berbek pada era Yogyakarta. KRT.

Sasrakusuma sendiri merupakan kerabat Keraton Yogyakarta yang diperkirakan berasal dari daerah Grobogan yang kemudian karena kecakapannya ditunjuk oleh Ngarsa Dalem Sultan Hamengkubuwana II untuk memimpin Kadipaten Berbek.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat