bdadinfo.com

Soal Proyek Mangkrak Sumbar Memang Juaranya! Bangun Jembatan Spektakuler Penghubung Jalan Sepanjang Pantai Teluk Bayur–Bandara Minangkabau Sia-sia - News

Jembatan Lolong atau Jembatan Kasih tak Sampai mulai dibangun tahun 2016. Kemudian, rencananya dilanjutkan secara tahun jamak, hingga 2029. Terakhir pembangunan jembatan ini pada 2019 dialokasikan senilai Rp15,4 miliar.

 -  Kota Padang adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatra sekaligus ibu kota provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota ini adalah pintu gerbang barat Indonesia dari Samudra Hindia.

Secara geografi, Padang dikelilingi perbukitan yang mencapai ketinggian 1.853 mdpl dengan luas wilayah 1.414,96 km²,

Kota Padang memiliki karakteristik ruang perkotaan yang menghadap Samudra Hindia dan dikelilingi oleh jajaran Pegunungan Bukit Barisan.

Perkembangan kawasan urban di Padang bergerak ke arah utara dan timur dari kawasan kota tua di muara Batang Arau.

Baca Juga: Antisipasi Kenaikan Harga Jelang Lebaran, Pemko Bukittinggi Salurkan Bantuan Beras untuk Keluarga Membutuhkan

Sejalan dengan pembangunan kota yang berbasis mitigasi bencana, wilayah timur Padang dikembangkan sebagai kawasan permukiman dan pusat pendidikan, sedangkan wilayah barat yang berdekatan dengan pantai merupakan kawasan komersial perkotaan dan pusat bisnis.

Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Padang Tahun 2010–2030, kawasan pusat kota meliputi Kecamatan Padang Barat, Padang Utara, Padang Timur, dan Padang Selatan.

Kantor-kantor pemerintahan Provinsi Sumatera Barat berada pada kawasan ini, lebih tepatnya di sepanjang jalur protokol Sudirman–Khatib.

Selain kawasan pusat kota, terdapat pula empat kawasan subpusat kota, yaitu Lubuk Buaya di sisi utara, Air Pacah dan Bandar Buat di sisi timur, serta Bungus di sisi selatan.

Baca Juga: PLN Indonesia Power dan China Energy Sepakat Kembangan Energi Hijau Skala Besar di Sulawesi

Kantor-kantor pemerintahan Kota Padang (termasuk balaikota) dipusatkan di Air Pacah.

Siapa sangka, diam-diam Sumatera Barat Membangun jembatan teraneh di dunia yang berada dibibir pantai tanpa ada jalan raya atau sungai yang dilewati,

Diketahui, pembangunan jembatan tersebut menghabiskan anggaran 45 miliar. Jembatan Melolong jadi perhatian publik karena pembangunannya unik.

Jembatan Melolong tiba-tiba menjadi perhatian publik, setelah diposting di timeline akun Facebook Seputar Padang II.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat