bdadinfo.com

Persaingan Ketat! Kalimantan Tengah Siap-siap Miliki Jembatan Baru Bakal Terpanjang di Indonesia, Jadi Penghubung 2 Kelurahan Terisolasi? - News

Jembatan Gantung Rakumpit, Kalteng (Freepik)

- Pengerjaan mega proyek strategis nasional di Kalimantan Tengah masih baru akan dimulai konstruksi Jembatan di Kota Palangkaraya.

Pemko Palangka Raya yang akan membangun jembatan penghubung antar kelurahan di Kecamatan Rakumpit, Kota Palangka Raya.

Jembatan gantung di Rakumpit ini akan hubungkan Kelurahan Mungku Baru dan Kelurahan Bukit Sua yang saat ini hanya dapat diakses melalui sungai.

Baca Juga: Kalimantan Tengah Siap-siap! Bakal Kehadiran 2 Jembatan Terpanjang dan Baru Segera Dibangun Sekaligus Bakal Atasi Masalah Besar Ini...

“Kami ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Rakumpit, khususnya di Mungku Baru dan Bukit Sua,”

“yang masih terisolasi dan kurang berkembang,” ujar Hera pada Selasa 16 Januari 2024.

Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu melalui Kepala Bappedalitbang, Fauzi Rahman menyatakan terkait jembatan.

Baca Juga: Andre Rosiade kembali Tepati Janji Hadirkan Listrik untuk Masyarakat Surantih Pesisir Selatan

Jembatan gantung di Rakumpit ini diharapkan dapat membuka keterisolasian dan mengurangi kantong kemiskinan di wilayah tersebut.

Diketahui adanya jembatan ini akses darat akan lebih cepat dan mudah sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan sosial di sana.

Hera menyebutkan bahwa jembatan yang akan dibangun adalah jembatan gantung dengan panjang sekitar 50m.

Baca Juga: Hutama Karya Kebut Pemeliharaan Jalan Tol Jelang Mudik Lebaran 2024, Tol Permai Sudah Rampung 100 Persen: Tol Terpeka Berpogres hingga Bulan...

Namun Jembatan ini akan menggunakan dana APBN/DAK dari Kementerian PUPR melalui Balai Jalan dan Jembatan Provinsi Kalimantan Tengah.

Tahap awal pengerjaan, Pemko Palangka Raya menyusun dokumen Feasibility Study (FS) dan Dokumen Lingkungan (AMDAL/UKL-UPL) untuk jembatan tersebut. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat