bdadinfo.com

Disetujui Pak Presiden! Kalimantan Selatan Punya Prestasi Terbaru Bangun Jembatan Raksasa Terpanjang yang Menghubungkan 2 Pulau Pakai Uang Negara - News

Jembatan raksasa ini akan dibangun dengan dana APBN senilai Rp300 miliar yang menghubungkan Pulau Kalimantan dengan Pulau Laut, dua pulau utama di Kalimantan Selatan.

- Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi yang berada di pulau Kalimantan, Indonesia.

Sejak 16 Maret 2022, ibu kota provinsi Kalimantan Selatan dipindah ke Kota Banjarbaru menggantikan Kota Banjarmasin.

Provinsi Kalimantan Selatan ini merupakan rumah bagi etnis Banjar dan memiliki luas 38.744,00 km² dengan populasi pada akhir tahun 2023 berjumlah 4.234.214 jiwa dan wilayah administrasi terbagi menjadi 11 kabupaten dan 2 kota.

DPRD Kalimantan Selatan dengan surat keputusan No. 2 Tahun 1989 tanggal 31 Mei 1989 menetapkan 14 Agustus 1950 sebagai Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan.

Baca Juga: Dapat Lampu Hijau dari Bupati Limapuluh Kota dan Wali Nagari! Jepang Tancap Gas Garap Mega Proyek Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan Agar Segera Rampung

Tanggal 14 Agustus 1950 melalui Peraturan Pemerintah RIS No. 21 Tahun 1950, merupakan tanggal dibentuknya Provinsi Kalimantan, setelah pembubaran Republik Indonesia Serikat (RIS), dengan gubernur Dokter Moerjani.

Secara historis wilayah Kalimantan Selatan mula-mula dibentuk merupakan wilayah Karesidenan Kalimantan Selatan (dengan Residen Mohammad Hanafiah) di dalam Provinsi Kalimantan itu sendiri

Kalimantan Selatan, salah satu provinsi di Indonesia, telah menjadi saksi dari kemajuan infrastruktur yang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Salah satu prestasi terbaru yang mengesankan adalah pembangunan jembatan terpanjang yang menghubungkan dua pulau di wilayah tersebut.

Baca Juga: PLN Bagikan Tips Menghindari Potensi Bahaya Listrik sebagai Persiapan Menghadapi Cuaca Ekstrem yang Masih Berlanjut, Gini Caranya

Jembatan raksasa ini tidak hanya menjadi simbol kemajuan teknologi dan koneksi antarwilayah, tetapi juga memiliki dampak positif yang signifikan pada perekonomian dan kehidupan masyarakat setempat.

Jembatan raksasa ini akan dibangun dengan dana APBN senilai Rp300 miliar yang menghubungkan Pulau Kalimantan dengan Pulau Laut, dua pulau utama di Kalimantan Selatan.

Proyek ini merupakan kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan sejumlah kontraktor terkemuka.

Jembatan ini memberikan akses yang lebih baik antara Pulau Kalimantan dan Pulau Laut, menghubungkan wilayah yang sebelumnya terisolasi secara geografis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat